Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Kumpulan Kalam Hikmah Tentang Dunia


قال الحسن البصري: الثمن القليل الدنيا بحذافيرها
"Harga yang paling sedikit adalah dunia dan segala gemerlapnya"


قال سيدي أبو الحسن الشاذلي رضي الله عنه : 
لا تختر من أمرك شيئا واختر أن لا تختار وفر من ذلك المختار وربك يخلق ما يشاء ويختار
"Jangan kamu memilih sendiri untuk urusanmu.  Pilihlah bahwa kamu itu tidak bisa memilih dan larilah kamu dari apa yang kamu pilih karena Tuhanmu itu Maha Berkehendak lagi Maha Memilih"

وقال الشيخ أبو عبد الله القرشي رضي الله تعلى عنه شكا بعض الناس لرجل من الصالحين أنه يعمل أعمال البر ولا يجد حلاوة في قلبه فقال لأن عندك بنت إبليس وهي الدنيا
"Ada seseorang yang mengadu kepada orang yang shalih tentang dirinya yang tidak pernah meraskan manisnya ibadah ketika beramal kebajiakan. Lalu orang shalih itu menjawab :  "Karena di sampingmu ada anak perempuannya Iblis yang bernama dunia".

                        احياء علوم الدين ج ٣ ص ٢٠٨
ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺟﻴﻔﺔ ﻓﻤﻦ ﺃﺭاﺩ ﻣﻨﻬﺎ ﺷﻴﺌﺎً ﻓﻠﻴﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺎﺷﺮﺓ اﻟﻜﻼﺏ
"Dunia itu adalah bangkai,  barang siapa yang menginginkan sesuatu yang sedikit daripada dunia maka bersabarlah ketika berteman dengan seekor anjing".

                      المختار من كلام الأخيار ص ٣٢٨
قال يحيى بن معاذ بن جعفر الرازي : لا يزال دينك متمزقا ما داما قلبك بحب الدنيا معلقا
"Tidak henti-hentinya agamamu terkoyak-koyak selama hatimu selalu tergantung dan cinta terhadap dunia".

احياء علوم الدين ج ٣ ص ٢٠٧
ﺃﺭﻯ ﻃﺎﻟﺐ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺇﻥ ﻃﺎﻝ ﻋﻤﺮﻩ # ﻭﻧﺎﻝ ﻣﻦ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺳﺮﻭﺭاً ﻭﺃﻧﻌﻤﺎ
ﻛﺒﺎﻥ ﺑﻨﻰ ﺑﻨﻴﺎﻧﻪ ﻓﺄﻗﺎﻣﻪ # ﻓﻠﻤﺎ اﺳﺘﻮﻯ ﻣﺎ ﻗﺪ ﺑﻨﺎﻩ ﺗﻬﺪﻣﺎ
"Saya yakin bahwa orang yang mencari dunia itu meskipun sangat panjang umurnya, kemudian ia mendapatkan dunia itu dan menikmatinya serta bersenang-senang dengan dunianya,  dia itu seperti orang yang membangun suatu bangunan yang ketika bangunan itu sudah berdiri tegak lalu bangunan itu roboh dengan sendirinya".

احياء علوم الدين ج ٣ ص ٢٠٧
ﻭﻣﺎ اﻟﻤﺎﻝ ﻭاﻷﻫﻠﻮﻥ ﺇﻻ ﻭﺩاﺋﻊ # ﻭﻻ ﺑﺪ ﻳﻮﻣﺎً ﺃﻥ ﺗﺮﺩ اﻟﻮﺩاﺋﻊ
"Harta benda dan keluarga itu tiada lain hanyalah sebuah titipan. Dan suatu hari nanti pasti titipan itu akan diambil lagi oleh pemiliknya".

                        احياء لعلوم الدين ج ٢ ص ٢٠٧
ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻔﻀﻴﻞ ﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻣﻦ ﺫﻫﺐ ﻳﻔﻨﻰ ﻭاﻵﺧﺮﺓ ﻣﻦ ﺧﺰﻑ ﻳﺒﻘﻰ ﻟﻜﺎﻥ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﻟﻨﺎ ﺃﻥ ﻧﺨﺘﺎﺭ ﺧﺰﻓﺎً ﻳﺒﻘﻰ ﻋﻠﻰ ﺫﻫﺐ ﻳﻔﻨﻰ ﻓﻜﻴﻒ ﻭﻗﺪ اﺧﺘﺮﻧﺎ ﺧﺰﻓﺎً ﻳﻔﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺫﻫﺐ ﻳﺒﻘﻰ
"Apabila dunia itu terbuat dari emas yang akan rusak sedangkan akhirat terbuat dari tembikar (kereweng : jawa) yang akan kekal selamanya maka kita seharusnya lebih memilih tembikar yang akan kekal selamanya daripada emas yang akan rusak.
Lalu kenapa kita bisa lebih memilih tembikar yang akan rusak daripada emas yang akan kekal selamanya?".

شرح الحكم ص ٤٠
وقال الشيخ أبو عبد الله القرشي رضي الله تعالى عنه شكا بعض الناس لرجل من الصالحين أنه يعمل أعمال البر ولا يجد حلاوة في قلبه فقال لأن عندك بنت إبليس وهي الدنيا

Ada seseorang yang mengadu kepada orang yang shalih tentang dirinya yang tak pernah merasakan manisnya ibadah ketika berbuat amal kebajikan.  Lalu orang shalih itu menjawab : "Karena di sampingmu ada anak perempuannya iblis yang bernama dunia"

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.