Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Kumpulan Kalam Hikmah Tentang Kebaikan


خير العمل عمل الخير
"Amal yang paling baik adalah beramal baik"

إحياء علوم الدين ج ٣ ص ١٧٩
 مر المسيح ابن مريم عليه الصلاة والسلام بقوم من اليهود فقالوا له شرا فقال لهم خيرا فقيل له إنهم يقولون شرا وأنت تقول خيرا فقال كل ينفق مما عنده
"Suatu ketika Nabi Isa Al Masih putra Sayyidah Maryam bertemu dengan kumpulan orang yahudi.  Kemudian mereka berkata kepada Nabi Isa dengan perkataan yang jelek.  Lantas kemudian Nabi Isa berkata kepada mereka dengan perkataan yang baik.
Lalu Nabi Isa ditanya : Mereka berkata kepadamu dengan perkataan yang jelek,  tapi kenapa engkau berkata dengan perkataan yang baik? 
Nabi Isa menjawab : "Setiap orang akan memberikan setiap apa yang ia miliki"

التفسير المنير للزحيلي ج 6 ص 176
قال أبو يزيد البسطامي رحمه الله: استغاثة المخلوق بالمخلوق كاستغاثة المسجون بالمسجون.
"Meminta pertolongannya makhluk kepada makhluk itu sama seperti meminta pertolongannya orang yang dipenjara kepada orang yang dipenjara"

روح البيان ج 4 ص 364
وروى ان امرأة عذبت فى هرة حبستها فلم تطعمها الى ان ماتت وامرأة رحمها الله وغفر لها بسبب ان سقت كلبا عطشان بخفها
"Ada seorang perempuan yang disiksa karena ia mengurung seekor kucing dan ia pun tidak memberinya makanan. Dan ada pula seorang perempuan yang mendapatkan rahmat Allah serta diampuni dosa-dosanya karena ia memeberi minum seekor anjing yang kehausan dengan sepatunya"

تعليم المتعلم ص ٢٣
لا تصحب الكسلان في حالاته # كم صالح بفساد آخر يفسد
"Jangan kamu berteman dengan orang yang malas dalam segala hal karena betapa banyak orang yang sholeh menjadi orang yang rusak sebab berteman dengan orang yang rusak".

                        تفسير التستري ج ١ ص ٤٣
قال لقمان الحكيم لابنه : ﺯاﺣﻢ اﻟﺤﻜﻤﺎء، ﻓﺈﻥ اﻟﻠﻪ ﻳﺤﻴﻲ اﻟﻘﻠﻮﺏ اﻟﻤﻴﺘﺔ ﺑﺎﻟﺤﻜﻢ، ﻛﻤﺎ ﻳﺤﻴﻲ اﻷﺭﺽ اﻟﻤﻴﺘﺔ ﺑﻮاﺑﻞ اﻟﻤﻄﺮ

"Wahai anakku,  dekatilah para ulama' ahli hikmah,  karena Allah itu akan menghidupkan hati yang mati dengan kalam-kalam hikmah sebagaimana Allah menghidupkan bumi yang mati dengan tetesan air hujan".

دليل الفلحين لطرق رياض الصالحين ج ١ ص ٢٤٩
ﻗﺎﻝ ﻣﻌﺮﻭﻑ: ﻋﻼﻣﺔ ﻣﻘﺖ اﻟﻠﻪ ﻟﻠﻌﺒﺪ ﺃﻥ ﺗﺮاﻩ ﻣﺸﺘﻐﻼً ﺑﻤﺎ ﻻ ﻳﻌﻨﻴﻪ، ﻓﺈﻥّ ﻣﻦ اﺷﺘﻐﻞ ﺑﻤﺎ ﻻ ﻳﻌﻨﻴﻪ ﻓﺎﺗﻪ ﻣﺎ ﻳﻌﻨﻴﻪ

"Tanda2 seseorang itu tidak diridloi oleh Allah adalah ketika ia sibuk melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk dirinya".

لقمان الحكيم وحكمه ص ١٨
يا بني ، من قال : إن الشر يطفئ الشر فإن كان صادقا فليوقد نارين ثم لينظر هل تطفئ أحدهما الأخرى ، وإنما يطفئ الخير الشر كما يطفئ الماء النار
"Wahai anakku,  Ada orang yang berkata bahwa kejelekan itu bisa dihilangkan dengan kejelekan pula.  Jika ia berkata benar maka nyalakanlah dua api dan kemudian lihatlah apakah api yang satu itu bisa memadamkan api yang lain?.  Tidak bukan?.
Hanyalah kebaikan yang bisa menghilangkan kejelekan itu sebagaimana air itu bisa memadamkan bara api".

تعليم المتعلم ص ٢٣
عن المرء لا تسأل وأبصر قرينه # فإن القرين بالمقارن يقتدي
فإن كان ذا شر فجانبه سرعة # وإن كان ذا خير فقارنه تهتدي
"Jangan kamu menanyakan sifat seseorang kepada orangnya sendiri tapi lihatlah siapa orang yang ia temani karena seorang teman itu akan mengikuti apa2 yang dilakukan oleh orang yang ia temani.  Apabila temannya jelek maka tinggalkanlah secepat mungkin,  dan apabila temannya baik maka bertemanlah dengannya maka kamu pun akan mendapatkan petunjuk".

بغية المسترشدين ص ٥
قال الإمام من مكايد الشيطان ترك العمل خوفا من أن يقول الناس إنه مراء
 "Diantara tipu daya syetan adalah tidak mau beramal karena takut ada orang yang berkata Dia itu adalah orang yang pamer/riya'"

شرح الحكم ج ١ ص ٤٣
                 قال سيدي الشيخ أبي الحسن الشاذلي رضي الله تعالى عنه في دعائه ومناجاته "واجعل سيآتنا سيآت من أحببت ولا تجعل حسناتنا حسنات من أبغضت فالإحسان لا ينفع مع البغض منك والإساءة لا تضر مع الحب منك"
"Ya Allah,  jadikanlah kejelekanku seperti kejelekannya orang yang kau cintai,  dan jangan Kau jadikan kebaikanku seperti kebaikannya orang yang kau benci karena kebaikan itu tidak akan ada gunanya jika bersamaan dengan rasa benci,  demikian pula kejelekan itu tidak akan ada pengaruhnya jika bersamaan dengan rasa cinta".

نصائح الدنية : ٥٥
                قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
خيركم من طال عمره وحسن عمله

Orang yang paling baik diantara kamu sekalian adalah orang yang panjang umurnya lagi baik tingkah lakunya.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.