Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Kumpulan Kalam Hikmah Tentang Pahala Dan Dosa


قال أويس القرني : لا تنظر إلى صغير الخطيئة، وانظر إلى عظمة من عصيت، فإنك إن عظمتها فقد عظمت الله تعالى، وإن صغرتها فقد صغرت الله تعالى
"Janganlah kamu melihat kecilnya dosa tapi lihatlah besarnya dzat yang kamu bermaksiyat kepada-Nya karena jika kamu menganggap dosa itu besar maka sungguh kamu telah mengagungkan Allah dan apabila kamu meremehkan sebuah perbuatan dosa maka sungguh kamu telah meremehkan Allah".

قال ابن القيم الجوزي : رضا الناس غاية لا تدرك ورضا الله غاية لا تترك
فاترك ما لا يدرك وادرك ما لا يترك
"Ridlo manusia adalah sebuah puncak yang tidak akan bisa digapai sedangkan ridlo Allah adalah puncak yang tidak boleh ditinggalkan. Maka tinggalkanlah sesuatu yang tidak bisa engkau gapai dan capailah sesuatu yang tidak boleh ditinggalkan".

 احياء علوم الدين ج ١ ص ١٠
ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﻠﻤﺔ ﻣﻦ اﻟﺨﻴﺮ ﻳﺴﻤﻌﻬﺎ اﻟﻤﺆﻣﻦ ﻓﻴﻌﻠﻤﻬﺎ ﻭﻳﻌﻤﻞ ﺑﻬﺎ ﺧﻴﺮ ﻟﻪ ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺳﻨﺔ

"Satu kata-kata yang baik yang didengarkan oleh seorang mukmin yang kemudian ia mengajarkannya kepada orang lain dan mengamalkannya itu masih lebih baik baginya daripada ibadah selama satu tahun".

                        احياء علوم الدين ج ٣ ص ١٠٥
ﻭﺭﻭﻱ ﺃﻥ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻳﺴﺎﺭ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺃﺣﺴﻦ اﻟﻨﺎﺱ ﻭﺟﻬﺎً ﻓﺪﺧﻠﺖ ﻋﻠﻴﻪ اﻣﺮﺃﺓ ﻓﺴﺄﻟﺘﻪ ﻧﻔﺴﻪ ﻓﺎﻣﺘﻨﻊ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﺧﺮﺝ ﻫﺎﺭﺑﺎً ﻣﻦ ﻣﻨﺰﻟﻪ ﻭﺗﺮﻛﻬﺎ ﻓﻴﻪ

"Diceritakan bahwa Sulaiman bin Yasar adalah orang yang paling ganteng wajahnya. Lalu ada seorang perempuan yang masuk ke dalam rumahnya dan meminta Sulaiman bin Yasar agar supaya mau berhubungan badan dengannya.  Lalu kemudian Sulaiman bin Yasar menolak dan langsung keluar sambil berlari dari rumahnya dan meninggalkan perempuan tersebut seorang diri di dalam rumahnya".

  احياء علوم الدين ج ١ ص ١١
 ﻗﺎﻝ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻣﻦ ﺣﺪﺙ ﺣﺪﻳﺜﺎً ﻓﻌﻤﻞ ﺑﻪ ﻓﻠﻪ ﻣﺜﻞ ﺃﺟﺮ ﻣﻦ ﻋﻤﻞ ﺫﻟﻚ اﻟﻌﻤﻞ

"Barang siapa yang menceritakan suatu hadits dan kemudian hadits itu diamalkan maka ia akan mendapat pahala seperti pahalanya orang yang mengamalkan hadits tersebut."

 المختار من كلام الأخيار ص ٣٦٩
لا تنظر إلى صغر الخطيئة ، ولكن انظر من عصيت
"Jangan kamu melihat terhadap kecilnya dosa,  tapi lihatlah kepada siapa kamu melakukan dosa".

شرح الحكم ج ١ ص ٥١
قال سفيان الثوري إنما يتعلم العلم ليتقى به الله وإنما فضل العلم على غيره لأنه يتقى الله به فإن اختل هذا المقصود وفسدت نية طالبه بأن استشعر به التوصل إلى منال دنيوي من مال أو جاه فقد بطل أجره وحبط عمله وخسر خسرانا مبينا
"Ilmu itu dipelajari semata-mata hanya untuk takwa kepada Allah.  Ilmu itu lebih utama daripada yang lain karena dengan ilmu seseorang akan takwa kepada Allah.
Ketika ada seseorang yang niyatnya di dalam mencari ilmu adalah supaya mendapatkan harta benda atau pangkat maka ia tidak akan mendapatkan pahala dan dia termasuk golongan dari orang2 yang merugi".

                        شرح الحكم ج ١ ص ٨٦
وفي الخبر المشهور أحب الأعمال إلى الله تعالى أدومها وإن قل
"Amal yang paling dicintai Allah adalah amal yang paling istiqomah meskipun itu sedikit".

شرح الحكم ج ١ ص ٧٢
معصية أورثت ذلا وافتقارا خير من طاعة أورثت عزا واستكبارا
"Perbuatan maksiyat yang membuatmu merasa menjadi hamba yang hina dan sangat butuh kepada Allah itu masih lebih baik daripada amal ibadah yang membuatmu merasa menjadi hamba yang mulia lagi sombong".

                        شرح الحكم ج ١ ص ٤٣
إن الطاعة كلما استصغرت كبرت عند الله وان المعصية كلما استعظمت صغرت عند الله
"Apabila suatu ibadah itu dianggap terlalu kecil maka di sisi Allah adalah besar. Dan apabila suatu maksiyat itu dianggap terlalu besar maka di sisi Allah adalah kecil".

 شرح الحكم ص ٣٧
                        قال أبو سليمان الدراني رضي الله تعالى عنه لو خيرت بين ركعتين ودخول الفردوس لاخترت ركعتين لأني في الفردوس بحظي وفي الركعتين بربي
Andai aku diberi pilihan antara sholat dua rakaat dan masuk ke dalam surga maka aku akan memilih sholat dua rakaat karena aku di dalam surga itu sedang bersama bagianku sedangkan di dalam sholat dua rakaat aku sedang bersama Tuhanku.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.