Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Jangan Hafalkan Al Qur'an !


Eit jangan salah faham dulu, baca sampai selesai. Mungkin judul ini memang mengundang kontra jika Anda tidak membaca tulisan ini hingga titik terakhir.

Kebanyakan para santri hanya diberi motivasi agar giat dan suka menghafalkan al-Qur'an, mulai dari riwayat bahwa Ahli al-Qur'an adalah keluarga Allah hingga jaminan bahwa penghafal al-Qur'an tidak akan hancur jasadnya di dalam kubur. Namun mereka jarang -atau bahkan tidak pernah- diberi pemahaman bahwa ahli al-Qur'an yang lupa tentang isinya, tidak mau mengamalkan perintah dan menghindari larangannya adalah orang yang diancam neraka.

Al-Ghozali dalam kitab al-ghurur Ihya Ulumiddin menyebutkan salah satu tipu daya Syetan dalam menyesatkan ummat adalah menyibukkan santri untuk selalu menghafalkan al-Qur'an hingga lupa untuk memelajari fiqhun nisa' bagi para wanita, mereka lupa tidak belajar ilmu yang fardlu ain hukumnya karna mendahulukan hafalan al-Qur'an yang tidak wajib, orang Jawa mengatakan "nggolek upo kelangam sego". Terbukti banyak santri huffadz yang ternyata bodoh dalam urusan hukum agama.

Atau hafidz al-Qur'an yang seperti zaman sekarang, tiada hari saat mereka mendapatkan undangan untuk khataman al-Qur'an tanpa upload foto memamerkan kegiatan khataman mereka dengan wajah syiar dan memberi semangat kepada yang lain, padahal tak lain hanya untuk menunjukkan bahwa dirinya telah khatam dan hafal al-Qur'an. Subhanallah, pamer amal berkedok syiar.

Ulama zaman dahulu banyak yang hafal al-Qur'an tapi mereka menguasai berbagai disiplin ilmu agama. Al-Qur'an tidak menjadikan mereka lalai justru menambah semangat mereka dalam mengarungi dunia ilmu karna dengan hafal al-Qur'an kecerdasan dan daya ingat mereka jauh lebih kuat dibanding yang tidak hafal al-Qur'an.

Namun, para sobatku yang budiman, saya bukan melarang Anda untuk menghafal al-Qur'an, atau menghina para huffadz, sekali lagu bukan karna itu. Tapi ini merupakan motivasi bagi Anda yang ingin menghafalkan al-Qur'an, ingat!!! Jadilah huffadz yang tidak meninggalkan kewajiban karna sebuah kesunnahan. Jangan karna hafal al-Qur'an Anda meremehkan yang lain, jangan karna sibuk dengan al-Qur'an Anda tidak mau mengkaji kitab kuning. Jadilah huffadz al-Qur'an yang ikhlas lillahi ta'ala.

اللهم اجعلنا للقرآن قارئين ولما فيه عاملين والى الله داعين وفي الأعمال مخلصين. آمين يا رب العالمين.

والله أعلم

M. Anwar Muhammad

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.