Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Sunnahkah Puasa Asyura ?


Hari ini adalah hari Asyura yaitu tanggal 10 bulan Muharram menurut kebanyakan kalender, meskipun ada beberapa lembaga yang dengan hasil rukyahnya memutuskan bahwa hari Asyura adalah besok Rabu 12 Oktober 2016. Karena dalam bulan Muharram ini ada hari Asyura, orang Jawa menyebutnya dengan nama WULAN SYURO.

Banyak orang dari kaum muslimin khususnya golongan NU yang oleh aliran lain disebut penyembah kuburan, beranggapan bahwa puasa di hari Asyura hukumnya sunnah. Dengan dalil hadits yang menurut mereka shohih dan mereka menyebutkan keutamaannya adalah menghapus dosa selama setahun, wih enak banget ya.

Kenyataannya bagaimana sih hukum yang benar menurut Islam yang asli, ya ustadz?. Benar sunnah atau cuma buatan mereka?. Benar bisa menghapus dosa selama setahun apa cuma bohongan itu?.

Begini wahai saudaraku yang budiman, para pembaca yang baik hati dan berkenan membaca tulisan saya ini hingga sedikit agak cemas dengan paragraf kedua sebagai mukaddimah di atas. Anda jangan tertipu dengan bahasa saya diatas, dan juga jangan terburu-buru menghakimi saya sebagai orang yang anti puasa Asyura. Makanya saya sangat berterima kasih Anda sudah membaca tulisan ini hingga selesai sehingga Anda tidak salah faham.

Benar, puasa Asyura memang sunnah, ada hadits shahihnya bahkan memang berfadlilah menghapus dosa selama setahun. Disitulah kita sebagai ummat Nabi yang diistimewakan, amalan yang tidak berat hanya puasa sehari tapi pahalanya luar biasa, tapi yang dimaksud dosa adalah dosa kecil. Sedangkan dosa besar perlu ada taubat secara khusus. Seperti yang disebutkan dalam Shahih Muslim:

وصيام يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ. رواه مسلم 1162

Jadi kesimpulannya, ayo kita berpuasa hari ini. Bagi yang belum sahur atau belum niat, boleh kok niat sekarang yang penting sebelum dzuhur dan memang sejak adzan subuh masih belum mengkonsumsi apa-apa. Anda belum telat kok, karena untuk puasa sunnah tidak harus tabyit an-niyyah.

Semoga kita bisa mengamalkan, dan dosa kita dihapus semua seta diberi keikhlasan dalam segala amal. Amiiiiiin

WaLlahu A'lam

M Anwar Muhammad

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.