Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

DAQO'IQUL AKHBAR MENGENAL PENCIPTAAN DARI AWAL HINGGA AKHIR BAG. 33


BAB TIGAPULUH TIGA TENTANG SHIRATH

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; Sesungguhnya Allah Ta’ala menciptakan Shirath yaitu titian atau jembatan diatas neraka Jahannam yang sangat licin dan menggelincirkan. Jembatan tersebut memliki tujuh pos, setiap posnya berjarak perjalanan tiga ribu tahun; yang seribu naik, yang seribu datar dan yang seribu lagi turun. Shirath lebih kecil dari rambut, lebih tajam dari pedang dan gelap gulita. Pada setiap posnya terdapat tujuh penunjuk arah seperti tombak panjang yang tajam. Seorang hamba akan duduk di setiap pos, dan ditanya tentang apa yang Allah Ta’ala perintahkan kepadanya. Pada pos pertama ia ditanya tentang iman, apabila ia selamat dari kekufuran dan riya’ maka ia akan tetap berada diatas Shirath dan bisa menlanjutkan penyeberangannya. Apabila tidak selamat maka ia akan di lemparkan ke neraka. Pada pos kedua ia ditanya tentang shalat, pos ketiga ditanya tentang zakat, pos keempat ditanya tentang puasa, pos kelima ditanya tentang hajji dan ‘umrah, pos keenam ditanya tentang wudlu’ dan mandi besar dan pos ketujuh ditanya tentang berbakti kepada kedua orang tua, shilaturrahim dan kedzaliman. Apabila ia selamat dari pertanyaan-pertanyaan tersebut maka ia akan tetap berada diatas Shirath dan dapat menyeberanginya, Apabila tidak selamat maka ia akan di lemparkan ke neraka.

Wahb berkata; Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdo’a; Ya Rabb, sallim, sallim ummati, ummati!. (Wahai Tuhanku selamatkanlah, selamatkanlah ummatku, ummatku!). Maka manusia menjadi tumpang tindih hingga sebagian orang berada diatas yang lain, dan Shirath terayun kencang bagaikan perahu yang diterpa badai besar. Kemudian rombongan pertama dapat menyeberangi Shirath dengan cepat bagaikan kilat menyambar, rombongan kedua bagaikan angin yang menerpa, rombongan ketiga bagaikan burung yang terbang cepat, rombongan keempat bagaikan kuda yang berlari kencang, rombongan kelima bagaikan orang yang berlari, rombongan keenam bagaikan orang yang berjalan dan rombongan ketujuh bagaikan orang yang merangkak selama sehari semalam. Sebagian ‘ulama’ ada yang mengatakan dua bulan, ada yang mengatakan satu tahun, dua tahun dan tiga tahun hingga orang yang paling akhir menyeberangi shirath selama duapuluh lima ribu tahun dibanding tahun didunia.

Dan diriwayatkan bahwa pada saat manusia meniti diatas Shirath, api neraka ada yang menjilat-jilat dibawah telapak kaki mereka, diatas kepala, kanan, kiri depan dan belakang mereka. Itulah ma’na firman Allah Ta’ala; “Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kepastian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang dzalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut”.(Qs. Maryam 71-72). Dan api neraka membakar jasad mereka, kulit mereka dan daging mereka hingga setelah sampai diseberang mereka menjadi seperti arang kecuali orang-orang yang selamat. Sebagian dari mereka ada yang menyeberangi Shirath dengan tanpa ada rasa tukut sedikitpun terhadap rintangan yang sangat mengerikan, dan ia tidak merasakan panas sedikitpun sehingga setelah berada diseberang ia berkata; Dimana Shirath? Lalu dikatakan; Engkau telah melewatinya dengan tanpa kesulitan berkat Rahmat Allah Ta’ala.

Dalam sebuah khabar disebutkan bahwa kelak pada hari kiamat suatu kaum akan datang, dan ketika naik keatas Shirath Nabi ‘alaihisshalatu wassalam menoleh kepada mereka dan bertanya; Siapakah kalian? Mereka menjawab;  Kami adalah ummatmu. Beliau bertanya lagi; Apakah kalian menjalankan syari’atku? Mereka menjawab; Tidak. Lantas Nabi ‘alaihisshalatu wassalam membebaskan diri dari mereka dan meninggalkan mereka hingga mereka jatuh kedalam neraka Jahannam. Kemudian datang kaum yang lain. Nabi ‘alaihisshalatu wassalam bertanya; Siapakah kalian? Mereka menjawab;  Kami adalah ummatmu. Beliau bertanya lagi; Apakah kalian menjalankan syari’at Nabi kalian? Dan apakah kalian menempuh jalan diatas jalan Nabi kalian? Apabila mereka menjawab; “Ya” maka mereka akan melintasi Shirath dan apabila menjawab; “Tidak” maka mereka akan jatuh kedalam neraka. Dan setelah berada didalam neraka, mereka membutuhkan syafa’at dari Nabi ‘alaihisshalatu wassalam.

Dalam sebuah khabar disebutkan; Akan ada suatu kaum yang berhenti tidak melanjutkan menyeberang diatas Shirath, mereka menangis dan berkata; Siapakah yang akan menyelamatkan kami? Lantas malaikat Jibril ‘alaihissalam datang dan bertanya kepada mereka; Apakah gerangan yang mecegah kalian untuk menyeberangi shirath? Mereka menjawab; Kami takut dengan api. Malaikat Jibril ‘alaihissalam berkata; Ketika di dunia dan ketika kalian menghadapi samudera yang dalam, bagaimana jika kalian menyeberanginya? Mereka menjawab; Kami menyeberanginya dengan perahu. Kemudian malaikat Jibril ‘alaihissalam mendatangkan masjid yang dulu mereka shalat disana, dengan berbentuk seperti perahu. Lantas mereka duduk disana dan menyeberangi Shirath. Lalu dikatakan kepada mereka; Ini adalah masjid kalian yang dulu disana kalian shalat berjama’ah.

Dalam sebuah khabar disebutkan; Bahwa Allah Ta’ala menghisab seorang hamba dan ternyata kejelekannya lebih berat daripada kebaikannya. Lantas Allah Ta’ala menyuruhnya pergi ke neraka. Ketika ia pergi, Allah Ta’ala berfirman kepada malaikat Jibril ‘alaihissalam; Susullah hamba-Ku dan tanyakan padanya; Apakah ia pernah duduk bersama dengan ‘ulama’? Maka Aku akan mengampuninya berkat syafa’at para ‘ulama’. Lalu malaikat Jibril ‘alaihissalam bertanya kepadanya dan ia menjawab; “Tidak”. Malaikat Jibril berkata; Wahai Tuhanku! Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui keadaan setiap hamba-Mu. Allah Ta’ala berfirman; Tanyakan padanya; Apakah ia cinta pada ‘ulama’? Lalu malaikat Jibril ‘alaihissalam bertanya kepadanya dan ia menjawab; “Tidak”. Allah Ta’ala berfirman; Tanyakan padanya; Apakah ia pernah duduk dalam sebuah jamuan makan bersama  ‘ulama’? Lalu malaikat Jibril ‘alaihissalam bertanya kepadanya dan ia menjawab; “Tidak”. Allah Ta’ala berfirman; Tanyakan padanya; Apakah ia tinggal disuatu tempat yang disana ada orang ’alim? Lalu malaikat Jibril ‘alaihissalam bertanya kepadanya dan ia menjawab; “Tidak”. Allah Ta’ala berfirman; Tanyakan padanya; Apakah ia cinta pada seseorang yang cinta pada ‘ulama’? Maka Aku akan mengampuninya berkat orang tersebut. Lalu malaikat Jibril ‘alaihissalam bertanya kepadanya dan ia menjawab; “Ya”. Allah Ta’ala berfirman kepada malaikat Jibril; Peganglah tangannya dan masukkan ia ke surga, karena didunia ia cinta pada seseorang yang orang itu cinta pada ‘ulama’, dan Aku mengampuninya berkat barakah orang tersebut.

Dalam sebuah khabar disebutkan; Pada hari kiamat Allah Ta’ala akan mengumpulkan masjid-masjid didunia berupa seperti unta. Kakinya terbuat dari intan, lehernya dari za’faran, kepalanya dari misik adzfar dan punggungnya dari zabarjad. Unta-unta tersebut akan menjadi tunggangan bagi orang-orang yang shalat berjama’ah dimasjid, akan dituntun oleh para mu’addzin dan akan digiring oleh para imam hingga melewati pelataran hari kiamat. Kemudian terdengar seruan; Wahai penghuni pelataran hari kiamat! Mereka itu bukanlah malaikat muqorrobin dan bukan pula para Nabi dan mursalin, akan tetapi mereka adalah ummat Muhammad yang menjaga shalatnya dengan berjama’ah.

Dikatakan; Bahwa Allah Ta’ala menciptakan malaikat yang bernama Dirda’il. Ia memiliki dua sayap, yang satu berada dibarat terbuat dari yaqut merah dan yang satu lagi berada ditimur terbuat dari zabarjad hijau dan dihiasi dengan intan, yaqut dan marjan. Kepalanya berada dibawah ‘Arsy, dua telapak kakinya berada dibawah bumi yang ketujuh. Setiap malam dibulan Ramadlan ia memanggil-manggil; Apakah ada orang yang berdo’a?, maka do’anya akan dikabulkan. Apakah ada orang yang memohon?, maka permohonannya akan dikabulkan. Apakah ada orang yang bertaubat?, maka taubatnya akan diterima. Apakah ada orang yang memohon ampun?, maka ia akan diampuninya. Demikian itu terjadi hingga terbit fajar.


Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.