Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

الصُّحُفُ الأُولَى || KITAB-KITAB TERDAHULU || SUHUF 3

الصُّحُفُ الأُولَى
KITAB-KITAB TERDAHULU

الصحف الثالثة

يَا بْنَ آدَمَ!! مَنْ قَنَع اسْتَغْنَى، وَمَنْ رَضِيَ بِالْقَلِيْلِ مِنَ الدُّنْيا فَقَدْ وَثَقَ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ. يَابْنَآدَمَ!! مَنْ تَرَكَ الْحَسَدَ اسْتَرَاحَ، وَمَنِ اجْتَنَبَ الْحَرَامَ خَلّصَ دِيْنَهُ، وَمَنْ تَرَكَ الغِيْبَةَ ظَهَرَتْ مَحَبَّتُهْ في الْقُلُوبِ، وَمَنِ اْعَتَزَلَ عَنِ النّاسِ سَلِمَ مِنْهُمْ، وَمَنْ قَلَّ كَلَامُهُ كَمُلَ عَقْلُهُ، وَمَنْ رَضِيَ مِنَ اللَّهِ بِالْقَلِيلِ مِنَ الرِّزْقِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ بِالْقَلِيْلِ مِنَ الْعَمَلِ. يَا بْنَ آدَمَ!! أَنْتَ بِمَا تَعْلَمُ لا تَعْمَلُ كَيْفَ تَطْلُبُ مَا لَا تَعْلَمُ. يَا بْنَ آدَمَ!! أَفْنَيتَ عُمْرَكَ في طَلَبِ الدُّنْيا فَمَتَى تَطْلُبُ الآخِرَة.


SHUHUF 3

Wahai anak Adam! Barangsiapa merasa puas, maka ia akan merasa kaya. Barangsiapa yang ridha dengan pembagian yang sedikit dari dunia, maka ia benar-benar percaya dengan jaminan Allah ‘Azza wa Jalla. Wahai anak Adam! Barangsiapa yang meninggalkan perbuatan hasud, maka hatinya akan tenang. Barangsiapa yang menjauh dari perkara haram, maka selamatlah agamanya. Barangsiapa yang meninggalkan menggunjing, maka terlihatlah rasa cintanya di dalam setiap hati. Barangsiapa yang mengasingkan diri dari orang-orang, maka selamatlah ia dari (kejahatan) mereka. Barangsiapa yang sedikit bicaranya, maka sempurnalah akalnya. Dan barangsiapa yang ridha kepada Allah dengan rizki yang sedikit, maka Allah pun ridha kepadanya dengan ‘amal yang sedikit. Wahai anak Adam! Engkau habiskan usiamu dalam mencari (kesenangan) dunia, lalu kapan engkau akan mencari (kebahagiaan) akhirat.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.