Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

MACAM-MACAM SANTRI

MACAM-MACAM SANTRI

MACAM-MACAM SANTRI

Sahal bin Abdullah berkata : Santri itu ada tiga macam :

1- Santri yang sibuk mencari ilmu waro' karena takut terjerumus kepada hal subhat ( perbuatan yang tidak jelas halal dan haramnya ), lalu dia tinggalkan yang halal karena takut haram.

2- Santri yang sibuk mencari pendapat-pendapat para ulama', lalu dia meninggalkan pendapat yang berat walaupun pendapat mu'tamad dan dia masuk di dalam hal yang perbolehkan Allah swt berdasarkan pendapat-pendapat ulama' yang lemah ( dhoif ).

3- Santri yang sering bertanya kepada gurunya tentang hukum agama,ketika gurunya menjawab : perbuatan itu tidak sah / haram, santri tersebut tidak terima dan tidak puas, lalu mencari cara agar perbuatan itu bisa menjadi sah dan halal dengan bertanya kembali kepada para ulama-ulama lainnya dan ulama-ulama tersebut memberikan jawaban atas perbedaan pendapat diantara ulama'.

Model Santri no 3, kelak ketika dia menjadi ulama' maka dia akan menjadi ulama' penjahat ( ulama' suu' ) dan dia menjadi penyebab binasanya makhluk.

Nb : kalau jadi santri yang lurus-lurus saja, jangan mencari sensasi dengan menghalalkan segala cara.

( Qutul-qulub.juz 1.hal 394-395 )

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.