Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

MINHAJUL ARIFIN Bab 3

KITAB MINHAJUL 'ARIFIN

KARYA IMAM AL GHOZALI
Bab 3: Tentang Penjagaan


الباب الثالث  باب الرعاية
قال رسول الله ( صلي الله عليه و سلم : " طلب العلم فريضة على كل مسلم " , وهو علم الأنفاس فيجب أن يكون نفس المريد شكرا أو عذرا , فإن قبل ففضل وإن رد فعدل , فطائع الحركة بالتوفيق و السكون بالعصمة ولا يستقيم ذلك له إلا بدوام الافتقار والاضطرار .

Bab Tiga Tentang Penjagaan

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : "Mencari ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim". Maksudnya dalah ilmu jiwa, maka jiwa seorang murid wajib dalam keadaan bersyukur atau dalam keadaan udzur, jika menerima maka memberi karunia dan jika menolak maka secara adil. Keta'atan gerakan dengan taufiq dan diamnya dengan penjagaan, hal itu tidak bisa lurus kecuali dengan langgengnya perasaan butuh dan sangatnya butuh kepada Allah.

ومفتاح ذلك : ذكر الموت ؛ لأن فيه راحة من الحبس ونجاة من العدو , وقوامه برد العمر على يوم واحد , ولن يلتئم ذلك إلا بالتفكير في الأوقات ,

Kuncinya hal itu adalah mengingat kematian, karena dalam mengingatnya terdapat kelegaan dari pemenjaraan dan keselamatan dari musuh. Penopangnya dengan mengembalikan umur pada hari yang satu dan hal itu tidak bisa menjadi baik kecuali dengan tafakkur dalam seluruh waktu.

وباب الفكر الفراغ , وسبب الفراغ الزهد , وعماد الزهد التقوى , وسنام التقوى الخوف , وزمام الخوف اليقين , ونظام اليقين الخلوة والجوع , وتمامها الجهد و الصبر , وطريقها الصدق , ودليل الصدق العلم .

Pintunya berfikir adalah kekosongan, sebabnya kekosongan adalah zuhud, tiangnya zuhud adalah taqwa, puncaknya taqwa adalah khouf/perasaan takut kepada Allah, kendalinya khouf adalah yakin, runtutnya yakin adalah kholwat/menyingkir dari manusia dan lapar, kesempurnaan yakin adalah bersungguh-sungguh dan sabar, jalannya yakin ketulusan dan dalilnya ketulusan adalah ilmu.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.