Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

MINHAJUL ARIFIN Bab 6

KITAB MINHAJUL 'ARIFIN

KARYA IMAM AL GHOZALI
Bab 6 Tentang Syukur


الباب السادس  باب الشكر
 وفي كل نفس من أنفاس العبد نعمة لله تتجدد عليه يلزمه القيام بشكرها , وأدني الشكر أن يرى النعمة من الله تعالى ويرضى بما أعطاه ولا يخالفه بشيء  من نعمه ,

Bab Enam Tentang Syukur

Dalam setiap nafas seorang hamba terdapat nikmat Allah  yang senantiasa baru, karena itu dia harus melazimkan sikap syukur  kepada-Nya.
Syukur yang paling rendah adalah memandang kenikmatan itu  sebagai pemberian dari Allah ta'ala, meridloi apa yang Dia berikan dan  tidak mengingkari sedikitpun dari nikmat-nikmat-Nya.

وتمام الشكر  في الاعتراف بلسان السر أن الخلق كلهم يعجزون عن أداء شكره على أصغر جزء  من نعمه وإن بلغوا غاية المجهود ؛ لأن التوفيق للشكر نعمة حادثة يجب الشكر  عليها , فيلزمك على كل شكر شكر إلى مالا نهاية له ,

Sempurnanya syukur ada di dalam pengakuan dengan ungkapan batin bahwa segenap makhluk adalah lemah untuk mensyukuri nikmat yang peling kecil sekalipun, dan mereka harus mencurahkan segenap kesungguhan. Karena dorongan untuk bersyukur itupun termasuk nikmat baru yang wajib untuk disyukuri. Maka, engkau mesti bersyukur ketika engkau bersyukur, demikianlah seterusnya hingga tiada akhir.

فإذا تولى الله العبد , حمل عنه شكره فرضى عنه بيسير وحط عنه ما يعلم أنه لا يبلغه ويضعفه
{ وما كان عطاء ربك محظوراً }.

Ketika Allah mengurus seorang hamba maka Allah mendorongnya untuk  bersyukur kepada-Nya, maka dia akan ridlo kepada-Nya dengan rizki yang  sedikit dan akan sadar bahwa dia tidak akan mampu bersyukur kepada-Nya. "Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi".(QS 17:20)

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.