Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Akad antara pengelola air bor dengan masyarakat


Deskripsi masalah
Di desa kami ada pengeboran mata air yang dikelola oleh pemerintah, masyarakat sekitar banyak yang menyalur pada pihak pengebor tersebut melalui pipa utama yang disebar kesekitar rumah warga, dengan biaya pemakaian Rp. 8.000,- setiap minggunya. biasanya bor tersebut dihidupkan dua kali dalam sehari ( pagi dan sore ). namun bila ada masyarakat yang hendak mengadakan suatu acara semisal resepsi pernikahan, maka ia harus membayar Rp. 100.000,- dengan ketentuan, pihak pengelola bor akan menghidupkan empat kali dalam satu hari ( pagi, siang, sore dan malam hari ). Hal ini menguntungkan pada masyarakat yang lainnya, karena sekali bor dihidupkan, maka air akan mengalir kesemua pipa sambungan, meski mereka tidak ikut membayar.

Pertanyaan :
a.  Akad apakah antara pengelola bor dengan masyarakat  ?

Jawaban :
a.  Oleh karena kasus dalam deskripsi adalah Perusahaan Samsung menyumbangkan bor dan semua perlengkapan pada masyarakat, sedangkan masyarakat adalah jihat ( الجهة العامة ) , jadi bor dan perlengkapannya adalah milik masyarakat, sebab disumbangkan kepada masyarakat, maka uang dari masyarakat sebesar Rp. 8.000,- yang diserahkan pada pengelola untuk biaya operasional adalah hibah atau shodaqoh pada jihat (masyarakat).

Ta’bir:
حاشية الشرواني على تحفة المحتاج 8/177 (ط/دار الكتب العلمية)
قول المتن (إيجاب وقبول لفظاً) قال في التكملة : هذا في المعين ، أما الهبة للجهة العامة فإن الغزالي جزم في الوجيز بالصحة وتوقف فيه الرافعي ، ثم قال : ويجوز أن يقول : الجهة العامة بمنزلة المسجد فيجوز تمليكها بالهبة كما يجوز الوقف عليها وحينئذ فيقبلها القاضي اهــــ وقضية إلحاقه الهبة للجهة العامة بالوقف عليها في الصحة أن لا يشرط القبول اهــــ سم .

تحفة المحتاج بشرح المنهاج 5/215 (ط/دار الفكر)
وَقِيسَ بِوَلِيِّ الْيَتِيمِ فِيمَا ذُكِرَ مَنْ جَمَعَ مَالا لِفَكِّ أَسْرِ أَيْ مَثَلا فَلَهُ إنْ كَانَ فَقِيرًا الأَكْلُ مِنْهُ كَذَا قِيلَ. وَالْوَجْهُ أَنْ يُقَالَ فَلَهُ أَقَلُّ الأَمْرَيْنِ . قوله: (أي مثلاً) يدخل من جمع لخلاص مدين معسر أو مظلوم مصادر وهو حسن متعين حثاً وترغيباً في هذه المكرمة اهــــ سيد عمر. أقول: وكذا يدخل من جمع لنحو بناء مسجد قوله: (كذا قيل) لعلّ قائله بناه على مصحح الرافعي اهــــ سيد عمر. قوله: (أقل الأمرين) أي النفقة وأجرة المثل .
إعانة الطالبين 3/73-74 (ط/الحرمين)
وقيس بوليّ اليتيم فيما ذكر : مَنْ جَمَعَ مالاً لِفَكِّ أسيرٍ، أي مثلاً ، فله إن كان فَقيراً الأكْلَ منه.

Pertanyaan:
b.  Bolehkah masyarakat yang tidak ikut membayar Rp 100.000,- menggunakan air tersebut di selain waktu pagi dan sore ?

Jawaban :
b.  Boleh.

Ta’bir:

Idem.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.