Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Kenapa paling banyaknya masa nifas itu 60 hari ?

haid nifas istihadloh

Abu Sahl As-Sho'luki berkata : "Sperma itu berada di dalam rahim berbentuk sperma selama 40 hari, kemudian setelah itu berubah menjadi gumpalan darah lamanya 40 hari, kemudian berubah menjadi gumpalan daging yang lamanya 40 hari. jadi kalau dijumlahkan yaitu 120 hari atau sama dengan 4 bulan. Kemudian ditiuplah ruh dan darah haid menjadi makanan bagi janin.

Selama 4 bulan, sejak janin masih berbentuk sperma sampai berubah menjadi gumpalan darah itu, darah haidny berkumpul di dalam rahim. Karena masa paling banyaknya masa haid adalah 15 hari maka jika dikalikan 4 bulan maka jumlahnya sama dengan 60 hari. Oleh karena inilah paling banyaknya masa nifas itu adalah 60 hari.

Pendapat ini tentang darah haid adalah menjadi makanan bagi anak ditentang oleh Imam Abu Thayyib karena mulut bayi itu ketika dilahirkan dalam keadaan tertutup dan tidak ada jalan untuk masuknya darah haidl ke dalam janin dan pada wajah bayi itu terdapat ari-ari. Beliau Abu Thayyib menguatkan pendapatnya bahwa janin binatang yang berada di dalam rahim ibunya itu bisa lahir dalam keadaan hidup meskipun binatang itu tidak mengalami haid sama sekali.

Kemudian pendapat Abu Thayyib ini ditentang lagi oleh Imam Ibnu Hajar bahwa meskipun mulut janin itu tertutup, masih ada kemungkinan darah haidl menjadi makanan bagi janin dengan melalui pusar yang bersambung dengan ari-ari.

Pendapat ini didukung oleh Imam Romli bahwa janin binatang yang tidak haidl itu bisa memakan makanan selain darah haidl karena binatang tidak bisa mengalami haidl.

Oleh karena hukum nifas itu disamakan dengan hukum haid maka seorang perempuan yang mengalami nifas tidak boleh sholat, sesuci, bersenggama dan lain sebagainya pada masa nifas sebagaimana haram pada masa haid.

Jika ada keterangan 1 bulan di dalam bab haid, maka yang dimaksud adalah 30 hari.

😊
أسنى المطالب شرح روض الطالب 1 / 114
( قوله وأكثره ستون يوما ) أبدى الأستاذ أبو سهل الصعلوكي لذلك معنى لطيفا دقيقا وهو أن المني يمكث في الرحم أربعين يوما على حالته منيا ثم مثلها علقة ثم مثلها مضغة ثم تنفخ فيه الروح والولد يتغذى بدم الحيض حينئذ فلا يجتمع من حين النفخ لكونه غذاء للولد وإنما يجتمع في المدة التي قبله ومجموعها أربعة أشهر وأكثرها الحيض خمسة عشر فيكون أكثر النفاس ستين

حاشية القليوبي - وعميرة ج 1 ص 125
فَائِدَةٌ ) قَدْ أَبْدَى أَبُو سَهْلٍ الصُّعْلُوكِيُّ حِكْمَةً لِكَوْنِ أَكْثَرِ النِّفَاسِ سِتِّينَ يَوْمًا فَقَالَ : لِأَنَّ دِمَاءَ الْحَيْضِ غِذَاءٌ لِلْحَمْلِ بَعْدَ نَفْخِ الرُّوحِ فِيهِ , فَلَا يَبْقَى مِنْهُ شَيْءٌ يَخْرُجُ بَعْدَ الْوِلَادَةِ وَقَبْلَ ذَلِكَ أَرْبَعَةُ أَشْهُرٍ نِصْفُهَا حَيْضٌ وَهُوَ سِتُّونَ يَوْمًا يَحْتَاجُ إلَى خُرُوجِهِ بَعْدَ الْوِلَادَةِ فِي مِثْلِهَا , أَيْ وَلَا نَظَرَ إلَى كَوْنِهَا قَدْ جُمِعَ الدَّمُ فِيهَا فِي أَزْمِنَةٍ مُتَفَرِّقَةٍ , وَخَرَجَ فِي أَزْمِنَةٍ مُتَوَالِيَةٍ فَتَأَمَّلْ

نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج ج 1 ص 354
نعم أنكر القاضي أبو الطيب كونه غذاء للولد لد لأنه يولد وفمه مسدود ولا طريق لجريان الدم وعلى وجهه المشيمة ولهذا أجنة البهائم تعيش في البطون ولا حيض لها ا هـ . وما استدل به لا حجة فيه فإنه لا يلزم من كونه غذاء وصوله للمعدة من الفم لاحتمال وصوله إليها من السرة المتصلة بالمشيمة ا هـ حج في شرح العباب . أقول : وأجنة البهائم يجوز أن تتغذى بغير دم الحيض لانتفائه في حقهن 

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.