Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

PENGERTIAN AIB DAN AMAR MA'RUF NAHI MUNGKAR

KESIMPULAN TEAM MUSYAWWIRIN DHF
PENGERTIAN AIB DAN AMAR MA'RUF NAHI MUNGKAR
====================
PERTANYAAN:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
para asaatidz, para mujawib yg saya muliakan, ada pertanya'an titipan tentang apakah itu aib sseorg, aib sperti apa kah yg harus di tutupi, dan bisa kh di katakan aib ssorg jika kita menyaksikan org itu mesum di dalam kelas??

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

👉Yg menyebarkan tetap berdosa, sebab ia telah menyebarkan aib org lain.

👉Walau bagaimanapun perbuatan baik yg di lakukan dgn cara tidak baik maka tdk dapat di benarkan, kecuali, tidak ada jalan dan cara lain yg dapat di tempuh, kecuali jalan itu,
Sebagaimana di perbolehkan nya berbohong demi mencapai tujuan baik yg tdk bisa di lakukan kecuali dgn cara berbohong.

👉Seharusnya tindakan yg ia lakukan adalah dgn cara menegornya langsung atau dgn cara melapor kepada kepala sekolah atau kepada pihak yg mempunyai wewenang dlm ketertiban di skolah, bahkan jika  perlu lapor ke aparatul pemerintah setempat.

👉Diceritakan dalam
(Hadits Riwayat Imam at-Tirmidzi).

“Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat”

👉Kita hidup di dunia ini terkadang merasa lebih mulia daripada orang lain. Hanya gara-gara satu kesalahan yang diperbuat orang lain yang tampak di depan mata kita, menjadikan kita merasa lebih baik dan lebih mulia sehingga kita merendahkan orang tersebut. Tidak cukup dengan merendahkan, kita pun berbangga ikut menyebarkan keburukan orang itu kepada orang lain.

PENGERTIAN AMAR MA'RUF
_________________________

👉Dalil Amar Makruf Nahi Mungkar
Hendaklah engkau selalu beramar makruf nahi munkar, yaitu memerintah ke arah kebaikan dan mencegah diri dari kemungkaran. Karena hal itu merupakan sendi pokok agama dan karena itu pula Allah menurunkan Al-Qur`an dan mengutus para rasul-Nya. Para ulama memutuskan bahwa amar makruf nahi mungkar hukumnya wajib. Hal ini didasarkan pada nash Al-Qur`an dan hadits-hadits Rasulullah Saw.

“👉Dan hendaklah ada di antara kamu, umat yang menyeru kepada kebaikan, menyeru yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Dan merekalah orang-orang yang beruntung

👉“Telah dikutuk orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Nabi Dawud dan Nabi Isa putra Maryam. Yang demikian itu , disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan kemungkaran yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah sesuatu yang selalu mereka perbuat itu.”

👉“Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu.”

👉Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran, maka hendaknya ia cegah kekuasaannya, jika tak mampu maka dengan lisannya, dan jika ia pun tak mampu, maka dengan hatinya yakni dengan membenci perbuatan itu, dan itulah selemah-lemahnya lisan.” (HR. Ahmad dari Said)

👉Demi Zat yang jiwaku ada dalam kekuasaan-Nya, hendaklah kemu menyampaikan amar makruf nahi munkar, ataukah Allah benar-benar mengirimkan atas dirimu siksa, kemudian kamu berdoa kepada-Nya, lalu Dia tidak mengabulkan doamu?” (Al-Hadits)

👉Bukan dari golonganku, orang yang tidak mengasihi kepada yang lebih muda dan tidak menghormati yang lebih dewasa serta tidak menyempaikan amar makruf nahi munkar.”

👉Ketahuilah, bahwa amar makruf nahi munkar hukumnya fardu kifayah. Jika ada sebagian telah mengerjakannya, maka gugurlah kewajiban itu dari yang lain. Sedangkan pahalanya hanya diprioritaskan kepada yang menyerukan dan menegakkannya. Sebaliknya, jika tidak adan satu pun yang menyerukannya, maka beban dosa ditanggung oleh seluruh umat manusia, khususnya mereka yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakannya

👉Wajib bagimu ketika melihat seseorang yang meninggalkan kebajikan dan mengerjakan kemungkaran untuk memberinya nasihat dan ancaman. Jika ia tidak mendengarnya, maka paksa dan pukullah dia serta hancurkan alat-alat yang ia gunakan untuk berbuat kemungkaran seperti bejana botol-botol minuman keras serta kembalikanlah harta dan barang yang telah ia rampas kepada pemiliknya yang sah.

👉Cara kekerasan ini hanya dapat disampaikan oleh mereka yang benar-benar rela mengorbankan dirinya karena Allah dan telah mendapat izin dari pemerintah, sedangkan dua cara sebelumnya wajib dilaksanakan oleh setiap muslim kecuali bagi orang-orang yang jahil yang tidak memperdulikan agamanya dan porang-orang pandai yang tak mengamalkan ilmunya.

👉Ketahuilah bahwa perintah melaksanakan kewajiban dan melarang tindakan haram hukumnya wajib. Sedangkan perintah menjalankan sesuatu yang sunnah dan melarang tindakan makruf itu hukumnya sunnah

Pendidikan
Hendaklah engkau pun mendidik orang-orang yang bodoh, menunjukkan jalan lurus bagi mereka yang tersesat dan mengingatkan orang-orang yang terlena dengan segala tipuan dunia.

Jangan engkau tinggalkan perbuatan-perbuatan itu semua sambil berkata, “Yang mampu mengajar dan mengingatkan hanyalah ulama yang mengamalkan ilmunya. Sedangkan aku bukanlah orang yang mampu melaksanakannya. Dan aku pun tak kuasa untuk menunjukkan jalan pada orang lain, karena kemampuan itu hanya dimiliki oleh tokoh-tokoh agama berakhlak baik.” Ucapan-ucapan itu adalah bisikan setan yang selalu menggoda.

👉Pendidikan dan pengarahan merupakan rangkaian amal yang selalu didasari dengan ilmu. Mereka tak akan menjadi tokoh-tokoh agama, kecuali dengan anugerah Allah, mengamalkan ilmu dengan taat kepada Allah dan menunjukkan umat manusia ke jalan Allah. Jika engkau merasa tidak pantas untuk hal itu, maka tidak apa-apa. Yang tercela adalah orang yang menyeru pada jalan yang tidak benar.

📚REFERENSI:

📔نيل الأوطارالجزء السابع ص: 163 وفي حديث عبد الله بن عمرو دليل على مشروعية المعافاة في الحدود قبل الرفع إلى الإمام لا  بعده . وقد تقدم الكلام على ذلك . وحديث عائشة فيه دليل على أنه يشرع إقالة أرباب الهيئات إن وقعت منهم الزلة نادرا والهيئة صورة الشيء وشكله وحالته ، ومراده أهل الهيئات الحسنة .

📔والعثرات جمع عثرة ، والمراد بها الزلة كما وقع في الرواية المذكورة . قال الشافعي : وذوي الهيئات الذين يقالون عثراتهم الذين ليسوا يعرفون بالشر فيزل أحدهم الزلة . وقال الماوردي : في تفسير العثرات المذكورة وجهان : أحدهما : الصغائر . والثاني : أول معصية زل فيها مطيع والمراد بقوله : " إلا الحدود " أي فإنها لا تقال بل تقام على ذي الهيئة وغيره بعد الرفع إلى الإمام وأما قبله فيستحب الستر مطلقا لما في حديث أبي هريرة عند الترمذي من حديث : { ومن ستر على مسلم ستره الله في الدنيا والآخرة } وأخرجه أيضا الحاكم ، ورواه الترمذي من حديث ابن عمر ، ورواه أبو نعيم في معرفة الصحابة من حديث مسلمة بن مخلد مرفوعا : { من ستر مسلما في الدنيا ستره الله في الدنيا والآخرة } .

📔وروى ابن ماجه عن ابن عباس مرفوعا : { من ستر عورة أخيه المسلم ستر الله عورته يوم القيامة ، ومن كشف عورة أخيه كشف الله عورته حتى يفضحه في بيته } . قوله : ( فلعن الله الشافع ) فيه التشديد في الشفاعة في الحدود بعد الرفع . وقد تقدم الكلام على حديث المخزومية الذي ذكره المصنف .

وعليك) بالأمر بالمعروف والنهي عن المنكر
فإنه القطب الذي عليه مدار الدين، ولأجله أنزل الله الكتب وأرسل المرسلين، وقد انعقد على وجوبه إجماع المسلمين، وتظاهرت نصوص الكتاب والسنة على الأمر به والتحذير من تركه. قال الله تعالى: (ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر وأولئك هم المفلحون).


📔وَمَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ فِي الدُّنْيَا سَتَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

📔وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ أُمَّةِ يَدْعُوْنَ إِلَى الْخَيْرِوَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ مُنْكَرِ وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ104   .”

👉(QS. Ali-Imran : 104)

📔وقد وصف الله المؤمنين في غير موضع من كتابه بالأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، و حظهم في بعض المواضع على الإيمان، وفي بعضها على إقامة الصلاة وإيتاء الزكاة، وقال تعالى: (لُعن الذين كفروا من بني إسرائيل على لسان داود وعيسى بن مريم ذلك بما عصوا وكانوا يعتدون كانوا لا يتناهون عن منكر فعلوه لبئس ما كانوا يعملون) وقال تعالى: (واتقوا فتنة لا تصيبن الذين ظلموا منكم خاصة) الآية.

لُعِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْامِنْ بَنِى إِسْرَءِيْلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُ,دَوَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَاعَصَوْاوَّكَانُوْايَعْتَدُوْنَ 78
كَانُوْالَايَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُّنْكَرٍفَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوْايَفْعَلُوْنَ 79

👉(QS. Al-Maidah : 78-79)

📔وَاتَّقُوْافِتْنَةً لَّا تُصِيْبَنَّ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْامِنْكُمْ خَآصَّةً.

👉 (QS. Al-Anfal : 25)

📔وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "من رأى منكم منكراً فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان".
وقال صلوات الله وسلامه عليه: "والذي نفسي بيده لتأمرنَّ بالمعروف ولتنهونَّ عن المنكر أو ليوشكن الله أن يبعث عليكم عذاباً منه ثم تدعونه فلا يستجيب لكم".

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًافَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَيِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيْمَانِ.

📔وَالَّذِيْ نَفْسِىْ بِيَدِهِ لَتَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَلَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ أَوْلَيُوْشِكَنَّ اللَّهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًامِنْهُ ثُمَّ تَدْعُوْنَهُ فَلَا يَسْتَجِيْبُ لَكُمْ.

📔وقال عليه الصلاة والسلام: "ليس منا لم يرحم صغيرنا ويوقر كبيرنا ويأمر بالمعروف وينهى عن المنكر".

📔لَيْسَ مِنَّامَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيْرَنَاوَيُوَقِّرْكَبِيْرَنَاوَيَأْمُرُبِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ.

📔(واعلم) أن الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر فرض كفاية إذا قام به البعض سقط الحرج عن الباقين، واختص الثواب بالقائمين به، وإذا لم يقم به أحد عم الحرج كافة العالمين به القادرين على إزالته.

📔والواجب عليك إذا رأيت من يترك معروفاً أو يفعل منكراً أن تعرفه بكون ذلك معروفاً أو منكراً، فإن لم يدعه فعليك بوعظه وتخويفه، فإن لم ينزجر فعليك بتغييره وقهره بالضرب وكسر آلة اللهو المحرمة وإراقة الخمر ورد الأموال المغصوبة من يده إلى أربابها.

📔وهذه الرتبة لا يستقل بها إلا من بذل نفسه لله، أو كان مأذوناً له من جهة السلطان، وأما الرتبتان الأولتان أعني التعريف والوعظ فلا يقصر عنهما إلا جاهل مخبِّط أو عالم مفرِّط.

(واعلم) أن الأمر بالمعروف واجب، والنهي عن المحرم واجب والأمر بالمندوب والنهي عن المكروه مستحب.

📔وعليك) بتعليم الجاهلين وإرشاد الضَّالين وتذكير الغافلين،
واحذر أن تذع ذلك قائلاً إنما يعلم ويذكر من يعمل بعلمه وأنا لست كذلك، أو إني لست بأهل للإرشاد لأنه من أخلاق الأكابر، وهذا كله تلبيس من الشيطان؛ فإن العليم والتذكير من جملة العمل بالعلم، والأكابر ما كانوا أكابر إلا بفضل الله والعمل بطاعته وإرشادهم عباد الله إلى سبيل الله، وإذا لم تكن أهلاً فليس لك طريق إلى حصول الأهلية إلا فعل الخير والدعاء إليه وإنما الشؤم في الدعوى والدعاء إلى غير الحقّ.

[ والله اعلم بالصواب ]

Diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.