Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

DAQO'IQUL AKHBAR MENGENAL PENCIPTAAN DARI AWAL HINGGA AKHIR BAG. 23


BAB DUAPULUH TIGA TENTANG
DIKUMPULKANNYA SELURUH MAKHLUK

Dalam sebuah khabar disebutkan; Ketika Allah Ta’ala berkehendak untuk mengumpulkan makhluk, Allah Ta’ala menghidupkan malaikat Jibril, Mika’il, Isrofil dan malaikat ‘Izro’il  ‘alaihimussalam. Pertama-tama adalah malaikat Isrofil, lantas ia pergi ke ‘Arsy mengambil sangkakala. Kemudian Allah Ta’ala membangkitkan malaikat Ridlwan dan berfirman; Wahai Ridlwan! Hiasilah seluruh surge, dan tatalah semua pakaian juga perhiasan dengan rapi untuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan ummatnya. Lantas datanglah ummat Muhammad ‘alaihisshalatu wassalam dengan mengendarai buraq, mengenakan mahkota, mengibarkan bendera pujian dan membawa dua pakaian dari surga.

Paling pertama yang Allah Ta’ala hidupkan dari golongan binatang adalah buraq, lantas Allah Ta’ala berfirman kepada para malaikat; Hiasilah mereka!. Maka para malaikat mengenakannya pelana yang teruntai dari yaqut merah, tali kekangnya dari zabarjad hijau dan mengenakannya dua pakaian berwarna hijau dan kuning. Kemudian Allah Ta’ala berfirman para malaikat; Pergilah kalian kekuburan Muhammad ‘alaihisshalatu wassalam. Para malaikatpun pergi, sedangkan bumi saat itu benar-benar hampa dan datar maka mereka tidak dapat mengetahui dimana kuburannya. Lantas muncullah nur Muhammad ‘alaihisshalatu wassalam dari kuburnya bagaikan tiang menembus awan. Kemudian malaikat Jibril berkata; Wahai Isrofil! Hendaknya engkau saja yang memengggilnya, karena engkaulah yang ditugaskan oleh Allah Ta’ala untuk mengumpulkam makhluq. Tidak, jawab malaikat Isrofil. Tapi engkau saja yang memanggilnya wahai Jibril, karena engkau adalah kekasihnya didunia. Malaikat Jibril menjawab; Aku malu kepada beliau. Lantas malaiakat Isrofil berkata; Wahai Mika’il, hendaknya engkau saja yang memanggilnya. Malaikat Mika’il berkata; Assalamu ‘alaika ya Muhammad! (semoga keselamatan senantiasa tercurahkan atas dirimu wahai Muhammad). Namun beliau tidak menjawabnya. Maka para malaikat berkata kepada malaikat maut; Hendaknya engkau saja yang memanggilnya. Malaikat maut berkata; Wahai ruh yang baik masuklah ke dalam jasad yang baik, namun beliau tidak menjawabnya. Lalu malaikat Isrofil memanggilnya; Wahai ruh yang baik masuklah ke dalam jasad yang baik, namun beliau tidak menjawabnya. Berikutnya malaikat ‘Izro’il memanggilnya; Wahai ruh yang baik, bangkitlah karena untuk memutuskan antara perkara haq dan bathil, hisab dan digelarnya ‘amal dihadapan Allah Al Rahman. Tiba-tiba kuburnya terbelah dan beliau duduk disana sambil membersihkan debu dari kepala dan jenggotnya. Lantas malaikat Jibril memberinya dua pakaian dan buraq. Nabi ‘alaihisshalatu wassalam bertanya; Wahai Jibril! Hari apakah ini? Malaikat Jibril menjawab; Ini adalah hari kiamat, hari kesedihan dan penyesalan, ini adalah hari buraq, hari perpisahan dan ini adalah hari pertemuan. Wahai Jibril, berilah aku kabar gembira! Jibril berkata; Kini surga benar-benar telah disempurnakan demi menyambut kedatanganmu dan neraka benar-benar telah ditutup. Nabi ‘alaihisshalatu wassalam berkata; Bukan itu yang aku minta, tapi aku bertanya kepadamu tentang ummatku yang berdosa, jangan-jangan kamu telah meninggalkan mereka di shirath. Malaikat Isrofil berkata; Demi kemuliaan Tuhanku wahai Muhammad, aku tidak akan meniup sagkakala dengan tiupan yang membangkitkan sebelum engkau bangkit terlebih dahulu. Nabi ‘alaihisshalatu wassalam berkata; Sekarang hatiku menjadi lega dan jiwaku menjadi tenteram. Kemudian Nabi ‘alaihisshalatu wassalam mengambil mahkota dan memakai pakaiannya lantas menaiki buraq.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.