Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

DAQO’IQUL AKHBAR MENGENAL PENCIPTAAN DARI AWAL HINGGA AKHIR BAG. 20


BAB DUAPULUH TENTANG
SANGKAKALA DAN BANGKIT DARI KUBUR

Ketahuilah bahwa malaikat Isrofil bertugas memegang sangkakala. Dan Allah Ta’ala menciptakan Lauh Mahfudz dari intan putih sepanjang tujuh kali lipat panjang jarak antara langit dan bumi yang digantungkan di ‘Arsy, dan apapun yang ada yang telah atau akan terjadi dijagat raya semuanya tertulis disana hingga hari kiamat.

Malaikat Isrofil mempunyai empat sayap; satu dibarat, satu ditimur, satu menutupinya dan satu lagi menutupi kepalanya. Wajahnya pucat karena takut kepada Allah Ta’ala, kepalanya menunduk, besarnya seperti ‘Arsy dan salah satu tiang ‘Arsy berada di pundaknya. Ia tidak akan mampu memikul ‘Arsy kecuali karena kekuasaan Allah Ta’ala. Apabila Allah menetapkan sesuatu di ‘Arsy, Allah membuka tutup kepalanya sehingga ia dapat melihat apa yang Allah tetapkan baik berupa hukum atau perintah. Tidak ada malaikat yang tempatnya lebih dekat dengan ‘Arsy daripada malaikat Isrofil ‘alaihissalam. Antara malaikat Isrofil dan ‘Arsy terdapat tujuh hijab, jarak antara satu hijab dengan lainnya sejauh perjalanan 500 tahun, dan antara malaikat Jibril dan malaikat Isrofil terdapat 70 hijab. Sangkakala malaikat Isrofil diletakkan dipaha kanannya dan ujungnya berada di mulutnya, ia siap siaga menunggu perintah Allah Ta’ala untuk meniupnya. Apabila masa dunia telah habis, ia mengangkat sangkakalanya dan mengumpulkan empat sayapnya lantas meniupnya.

Dikatakan bahwa malaikat maut meletakkan salah satu telapak tangannya di bumi ketujuh dan yang satu lagi diletakkan di langit ketujuh. Ia mencabut seluruh ruh penghuni langit dan bumi sehingga dibumi tidak ada yang tersisa kecuali iblis la’natullahi ‘alaihi dan di langit hanya tersisa malaikat Jibril, Mika’il, Isrofil dan ‘Izro’il ‘alaihimussalam. Mereka adalah yang dikecualikan Allah Ta’ala dalam Firmannya; “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah”. (Qs. Az Zumar 38).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu ia berkata; Nabi ‘alaihisshalatu wassalam bersabda; Sesungguhnya Allah Ta’ala menciptakan sangkakala yang memiliki empat cabang; Dibarat, ditumur, di bawah bumi ketujuh dan di atas langit ketujuh. Sangkakala itu memiliki pintu sebanyak jumlah seluruh ruh, dan didalamnya terdapat 70 rumah yaitu tempat ruh para Nabi, malaikat, jin, manusia, syaithan, hewan melata, singa, semut dan seterusnya. Allah menguasakan sangkakala itu kepada malaikat Isrofil dan ia meletakkan dimulutnya siap menunggu perintah untuk meniupnya. Kelak ia akan meniupnya sebanyak tiga kali tiupan yaitu tiupan mengagetkan, membinasakan dan membangkitkan.

Khudzaifah bertanya; Wahai Rasul Allah! Bagimanakah keadaan makhluq ketika sangkakala ditiup? Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam menjawab; Wahai Khudzaifah! Demi Dzat yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya, sangkakala ditiup dan hari kiamat terjadi sementara seseorang ada yang telah mengangkat sesuap makanan ke mulutnya namun ia tidak sempat memakannya, kiamat terjadi sementara seseorang ada yang memegang baju untuk dipakainya namun ia tidak sempat memakainya dan kiamat terjadi sementara seseorang ada yang mengangkat kendi kemulutnya namun ia tidak sempat meminumnya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah sampai pada nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda; Kiamat terjadi sementara orang tengah memeras unta perahan, belum juga wadahnya sampai ke mulutnya hingga kiamat terjadi, dua orang saling berjual beli baju, belum juga keduanya berjual beli hingga kiamat terjadi dan seseorang memperbaiki telaganya, belum juga ia kembali hingga kiamat terjadi.(Shahih Muslim)

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.