Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

DEFINISI AMAR MACAM-MACAM AMAR DAN TUNTUTANNYA

DASAR-DASAR ILMU USHUL;
DEFINISI AMAR, MACAM-MACAM AMAR DAN TUNTUTANNYA


صيغ الأمر
AMAR (Perintah)
تعريفه:
Definisi Perintah;

الأمر: قول يتضمن طلب الفعل على وجه الاستعلاء، مثل: أقيموا الصلاة وآتوا الزكاة.
فخرج بقولنا: "قول" ؛ الإشارة فلا تسمى أمراً، وإن أفادت معناه.
وخرج بقولنا: "طلب الفعل" ؛ النهي لأنه طلب ترك، والمراد بالفعل الإيجاد، فيشمل القول المأمور به.
وخرج بقولنا: "على وجه الاستعلاء" ؛ الالتماس، والدعاء وغيرهما مما يستفاد من صيغة الأمر بالقرائن.

Amar (perintah) ialah; Perkataan yang mengandung tuntutan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang bersifat Isti’la’ (dari yang derajatnya lebih tinggi untuk yang derajatnya lebih rendah). Seperti; Kerjakanlah shalat dan tunaikanlah zakat.
§  Maka dikecualikan dari perkataan kami; “Perkataan”, yaitu; Isyarat. Isyarat tidak dapat dikatakan amar (perintah) walaupun ma’nanya berfaidah perintah.
§  Dikecualikan dari perkataan kami; “tuntutan untuk mengerjakan suatu pekerjaan”, yaitu; Nahi (larangan), karena nahi berarti tuntutan untuk meninggalkan sesuatu. Dan yang dimaksud dengan pekerjaan adalah mewujudkan sesuatu, maka dengan demikian ia mencakup semua perkataan yang diperintahkannya.
§  Dan dikecualikan dari perkataan kami; “yang bersifat Isti’la’ (dari yang derajatnya lebih tinggi untuk yang derajatnya lebih rendah)”, yaitu; Iltimas (permintaan dari dan terhadap yang sederajat), do’a (permohonan dari yang derajatnya lebih rendah terhadap yang derajatnya lebih tinggi), dan selain dari keduanya yang berupa perkataan yang memberikan faidah amar karena adanya qorinah (sesuatu yang menunjukkan maksud perkataan).


صيغ الأمر
(Macam-Macam Bentuk Amar)

صيغ الأمر أربع:
١- فعل الأمر، مثل: {اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ}[العنكبوت: من الآية ٤٥]
٢- اسم فعل الأمر، مثل: حيّ على الصلاة.
۳- المصدر النائب عن فعل الأمر، مثل: {فَإِذَا لَقِيتُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا فَضَرْبَ الرِّقَاب}[محمد: من الآية ٤]
٤- المضارع المقرون بلام الأمر، مثل: {لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ}[المجادلة: من الآية ٤]
وقد يستفاد طلب الفعل من غير صيغة الأمر، مثل أن يوصف بأنه فرض، أو واجب، أو مندوب، أو طاعة، أو يمدح فاعله، أو يذم تاركه، أو يرتب على فعله ثواب، أو على تركه عقاب.

Bentuk-bentuk Amar (perintah) ada empat;
1.      Fi’il amar, seperti; “Bacalah kitab (al-Qur’an) yang telah diwahyukan”.(Qs. Al Ankabut; 45).
2.      Isim fi’il amar (isim yang menggantikan fi’il amar), seperti; Mari kita shalat.
3.      Mashdar yang menjadi ganti dari fi’il amar, seperti; “Maka apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir (di medan perang), maka pukullah batang leher mereka”.(Qs. Muhammad; 4).
4.      Fi’il mudhori’ yang bertemu dengan lam amar, seperti; “Agar kamu berimankepada Allah dan Rasul-Nya”.(Qs. Al Fath; 9, dan Al Mujadalah; 4).

Faidah tuntutan untuk mengerjakan suatu pekerjaan terkadang timbul dari selain bentuk amar, seperti sesuatu yang disifati dengan wajib, mandub, tha’at, pujian bagi yang melakukannya, celaan bagi yang meninggalkannya, mendapatkan pahala jika dikerjakannya, dan mendapatkan siksa jika ditinggalkannya.

(تعليق)
علق فضيلة الشيخ المؤلف رحمه الله تعالى بقوله:
ومثال ما وصف بأنه فرض: قوله صلى الله عليه وسلم: "فأعلمهم أن الله قد فرض عليهم خمس صلوات في كل يوم وليلة....".
ومثال ما وصف بأنه واجب: قوله صلى الله عليه وسلم: "غسل الجمعة واجب على كل محتلم".
ومثال ما وصف بأنه طاعة: قوله صلى الله عليه وسلم: "من أطاع أميري فقد أطاعني".
ومثال ما مدح فاعله: قوله صلى الله عليه وسلم: "نعم الرجل عبد الله بن عمر لو كان يقوم من الليل".
ومثال ما ذم تاركه: قوله صلى الله عليه وسلم: "من ترك الرمي بعدما علمه رغبة عنه، فإنها نعمة كفرها"..
ومثال ما رتب على فعله الثواب: قوله صلى الله عليه وسلم: "من صلى علي صلاة صلى الله عليه بت عشرا".
ومثال ما رتب على تركه العقاب: قوله صلى الله عليه وسلم: "من ترك ثلاث جمع تهاونا طبع الله على قلبه".

Catatan kaki;
Yang mulia tuan guru penyusun kitab ini rahimahullah Ta’ala memberikan catatan kaki dengan perkataannya;
ðContoh sesuatu yang disifati dengan fardhu seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Maka ajarkanlah kepada mereka bahwasanya Allah benar-benar mewajibkan kepada mereka shalat lima waktu setiap sehari semalam”.
ðContoh sesuatu yang disifati dengan wajib seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Mandi pada hari Jum’at adalah wajib atas setiap orang yang telah baligh”.
ðContoh sesuatu yang disifati dengan tha’at seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Barangsiapa yang ta’at terhadap pemimpinku, maka ia telah ta’at kepadaku”.
ðContoh sesuatu yang disifati dengan pujian bagi yang melakukannya seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Sebaik-baik laki-laki adalah ‘Abdullah bin ‘Umar manakala ia mengerjakan shalat malam”.
ðContoh sesuatu yang disifati dengan celaan bagi yang meninggalkannya seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Barangsiapa meninggalkan memanah setelah diajarkan kepadanya karena berpaling darinya, maka sungguh itu merupakan ni’mat yang ia tinggalkan”.
ðContoh sesuatu yang disifati dengan mendapatkan pahala jika dikerjakannya seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan menganugerahkan sepuluh rahmat kepadanya”.
ðContoh sesuatu yang disifati dengan mendapatkan siksa jika ditinggalkannya seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Barangsiapa yang meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena meremehkannya, maka Allah akan menutup pintu hatinya”.


ما تقتضيه صيغة الأمر
(Tuntutan Dari Bentuk Amar)

صيغة الأمر عند الإطلاق تقتضي: وجوب المأمور به، والمبادرة بفعله فوراً.
فمن الأدلة على أنها تقتضي الوجوب قوله تعالى: {فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ}[النور: من الآية ٦۳]، وجه الدلالة أن الله حذر المخالفين عن أمر الرسول صلّى الله عليه وسلّم أن تصيبهم فتنة، وهي الزيغ، أو يصيبهم عذاب أليم، والتحذير بمثل ذلك لا يكون إلا على ترك واجب؛ فدل على أن أمر الرسول صلّى الله عليه وسلّم المطلق يقتضي وجوب فعل المأمور.
ومن الأدلة على أنه للفور قوله تعالى: {فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ} [البقرة: ١٤٨، والمائدة: ٤٨] والمأمورات الشرعية خير، والأمر بالاستباق إليها دليل على وجوب المبادرة.
ولأن النبي صلّى الله عليه وسلّم كره تأخير الناس ما أمرهم به من النحر والحلق يوم الحديبية، حتى دخل على أم سلمة رضي الله عنها فذكر لها ما لقي من الناس .
ولأن المبادرة بالفعل أحوط وأبرأ، والتأخير له آفات، ويقتضي تراكم الواجبات حتى يعجز عنها.

Bentuk amar ketika dimutlakkan menuntut; Wajibnya sesuatu yang diperintahkan, dan bergegas melakukannya dengan segera.

Di antara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa bentuk amar ketika dimutlakkan menuntut wajibnya sesuatu adalah firman Allah Ta’ala; “Maka hendaknya orang-orang yang menyalahi perintah Rasul-Nya takut akan mendapat cobaan atau ditimpa adzab yang pedih”.(Qs. An Nur; 63).
Maksudnya; Sesungguhnya Allah memberi peringatan terhadap orang-orang yang menyalahi perintah Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa mereka akan mendapatkan cobaan atau ditimpa adzab yang pedih, dan peringatan semacam itu tidaklah terjadi kecuali karena meninggalkan kewajiban, maka hal itu menunjukkan bahwa perintah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang secara mutlak (umum); menuntut wajibnya mengerjakan sesuatu yang diperintahkan.
Dan di antara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa perintah tersebut menuntut harus dilaksanakan dengan segera adalah firman Allah Ta’ala; “Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan”.(Qs. Al Baqarah; 148, dan Al ma’idah; 48).

vSetiap perkara yang diperintahkan menurut syari’at merupakan suatu kebaikan, dan perintah untuk berlomba-lomba mengerjakan kabaikan merupakan dalil atas wajibnya bersegera menjalankan apa yang diperintahkan.
vKarena sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak suka terhadap orang-orang yang mengakhirkan apa yang diperintahkan kepada mereka berupa menyembelih hewan kurban dan mencukur rambut pada hari perjanjian Hudaibiyah, hingga beliau masuk menemui Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha lalu menceritakan kepadanya kejadian yang beliau dapatkan dari sikap kaum muslimin.
vDan karena bersegera mengerjakan (perintah) menunjukkan sikap lebih berhati-hati dan berbakti, sedangkan mengakhirkannya merupakan petaka, dan dapat mengakibatkan bertumpuk-tumpuknya beberapa kewajiban hingga ia tidak sanggup lagi untuk mengerjakannya.

وقد يخرج الأمر عن الوجوب والفورية لدليل يقتضي ذلك، فيخرج عن الوجوب إلى معان منها:
١- الندب؛ كقوله تعالى: {وَأَشْهِدُوا إِذَا تَبَايَعْتُمْ} [البقرة: ٢٨٢] فالأمر بالإشهاد على التبايع للندب بدليل أن النبي صلّى الله عليه وسلّم اشترى فرساً من أعرابي ولم يشهد .

ØPerintah terkadang keluar dari hukum wajib dan bersegera karena adanya dalil yang menghendaki demikian. Perintah yang keluar dari hukum wajib menjadi beberapa ma’na, dintaranya;

1.    An-Nadbu(sunnat), seperti firman Allah Ta’ala; “Dan datangkanlah saksi apabila kamu berjual beli”.(Qs. Al Baqarah; 282).
Perintah untuk mendatangkan saksi atas jual beli menunjukkan hukum sunnat berdasarkan dalil bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah membeli kuda dari orang A’rabiy (Arab pedalaman) dan beliau tidak mendatangkan saksi.

٢- الإباحة؛ وأكثر ما يقع ذلك إذا ورد بعد الحظر، أو جواباً لما يتوهم أنه محظور.
مثاله بعد الحظر: قوله تعالى: {وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا} [المائدة: ٢] فالأمر بالاصطياد للإباحة لوقوعه بعد الحظر المستفاد من قوله تعالى: {غَيْرَ مُحِلِّي الصَّيْدِ وَأَنْتُمْ حُرُمٌ } [المائدة: ١]
ومثاله جواباً لما يتوهم أنه محظور؛ قوله صلّى الله عليه وسلّم: "افعل ولا حرج"، في جواب من سألوه في حجة الوداع عن تقديم أفعال الحج التي تفعل يوم العيد بعضها على بعض.

2.    Ibahah(boleh), kebanyakan hal itu terjadi apabila ia datang setelah adanya larangan, atau sebagai jawaban atas apa yang di duga bahwa ia adalah dilarang.

ðContoh perintah yang datang setelah adanya larangan adalah firman Allah Ta’ala; “Apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu”.(Qs. Al Ma’idah; 2).
Perintah berburu menunjukkan hukum boleh, karena munculnya perintah itu setelah adanya larangan yang diperoleh dari firman Allah Ta’ala; “dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram”.(Qs. Al Ma’idah; 1).
ðDan contoh perintah sebagai jawaban atas apa yang di duga bahwa ia adalah dilarang adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Lakukanlah, tidak mengapa”, sebagai jawaban atas pertanyaan seseorang yang bertanya kepada beliau pada waktu hajji wada’ tentang mendahulukan beberapa pekerjaan hajji yang dilakukan pada hari lebaran yaitu sebagiannya atas sebagian yang lain.

۳- التهديد كقوله تعالى: { اعْمَلُوا مَا شِئْتُمْ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ}[فصلت: من الآية: ٤٠]، { إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارا}[الكهف: من الآية ٢٩] فذكر الوعيد بعد الأمر المذكور دليل على أنه للتهديد.

3.    At Tahdid(ancaman), seperti firman Allah Ta’ala; “Lakukanlah apa yang kamu kehendaki! Sungguh, Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”.(Qs. Fushshilat; 49), “Barangsiapa menghendaki (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang menghendaki (kafir) biarlah ia kafir. Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang-orang yang dzalim”.(Qs. Al Kahfi; 29).
üDisebutkannya ancaman setelah adanya perintah tersebut merupakan dalil bahwa perintah itu adalah sebagai ancaman.

ويخرج الأمر عن الفورية إلى التراخي.
مثاله: قضاء رمضان فإنه مأمور به لكن دلَّ الدليل على أنه للتراخي، فعن عائشة رضي الله عنها قالت: كان يكون عليّ الصوم من رمضان فما أستطيع أن أقضيه إلا في شعبان، وذلك لمكان رسول الله صلّى الله عليه وسلّم.
ولو كان التأخير محرماً ما أقِرّت عليه عائشة رضي الله عنها.                    

ØPerintah yang keluar dari kewajiban untuk bersegera menjadi boleh di tunda.

ðContohnya seperti; Qadha’ puasa Ramadhan. Sesungguhnya ia merupakan perkara yang diperintahkan, akan tetapi ada dalil yang menunjukkan bahwa ia boleh di tunda. Diriwayatkan dari sayyidah A’isyah radhiyallahu ‘anha ia berkata; “Aku pernah punya hutang puasa Ramadhan dan aku tidak mampu mengqadha’nya kecuali pada bulan Sya’ban, demikian itu karena kesibukanku bersam Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam”.

üSekiranya mengakhirkan qadha’ adalah haram, niscaya beliau tidak mengizinkan sayyidah A’isyah radhiyallahu ‘anha.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.