Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

HAKIKAT DAN MAJAZ

DASAR-DASAR ILMU USHUL;
HAKIKAT DAN MAJAZ


الحقيقة والمجاز
(Hakikat Dan Majaz)

وينقسم الكلام من حيث الاستعمال إلى حقيقةٍ ومجازٍ.
١- فالحقيقة هي: اللفظ المستعمل فيما وضع له ، مثل: أَسَد للحيوان المفترس.
فخرج بقولنا: "المستعمل" ؛ المهمل، فلا يسمى حقيقة ولا مجازاً.
وخرج بقولنا: "فيما وضع له" ؛ المجاز.

Kalam apabila ditinjau dari penggunaannya terbagi menjadi; Hakikat dan Majaz.


1.  Hakikat ialah; Kata yang dipergunakan untuk sesuatu yang sesuai dengan penempatannya. Seperti; “أَسَدٌ” (singa) untuk binatang yang buas.
§  Maka dikecualikan dari perkataan kami; ”Kata yang dipergunakan”, yaitu; Kata yang tidak dipergunakan. Ia tidak dinamakan Hakikat dan Majaz.
§  Dan dikecualikan dari perkataan kami; “untuk sesuatu yang sesuai dengan penempatannya”, yaitu; Majaz.

وتنقسم الحقيقة إلى ثلاثة أقسام: لغوية وشرعية وعرفية.
فاللغوية هي: اللفظ المستعمل فيما وضع له في اللغة.
فخرج بقولنا: "في اللغة" ؛ الحقيقة الشرعية والعرفية.
مثال ذلك الصلاة، فإن حقيقتها اللغوية الدعاء، فتحمل عليه في كلام أهل اللغة.

Hakikat terbagi menjadi tiga macam; Lughawiyah, Syar’iyah dan ‘Urfiyah.

1)  Hakikat Lughawiyah ialah; Kata yang dipergunakan untuk sesuatu yang sesuai dengan penempatannya menurut bahasa.
§  Maka dikecualikan dari perkataan kami; “Menurut bahasa”, yaitu; Hakikat Syar’iyah dan Hakikat ‘Urfiyah.
ð  Contoh Hakikat Lughawiyah seperti; “Shalat”. Sesungguhnya hakikat shalat menurut bahasa adalah; Do’a, maka acuannya dikembalikan pada ahli bahasa.

والحقيقة الشرعية هي: اللفظ المستعمل فيما وضع له في الشرع .
فخرج بقولنا: "في الشرع" ؛ الحقيقة اللغوية والعرفية.
مثال ذلك: الصلاة، فإن حقيقتها الشرعية الأقوال والأفعال المعلومة المفتتحة بالتكبير المختتمة بالتسليم، فتحمل في كلام أهل الشرع على ذلك.

2) Hakikat Syar’iyah ialah; Kata yang dipergunakan untuk sesuatu yang sesuai dengan penempatannya menurut syara’.
§  Maka dikecualikan dari perkataan kami; “Menurut syara’”, yaitu; Hakikat Lughawiyah dan Hakikat ‘Urfiyah.
ð  Contoh Hakikat Syar’iyah seperti; “Shalat”. Sesungguhnya hakikat shalat menurut syara’ adalah; Perkataan dan perbuatan yang diketahui yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, maka acuannya dikembalikan pada ahli syari’at.

والحقيقة العرفية هي: اللفظ المستعمل فيما وضع له في العرف.
فخرج بقولنا: "في العرف" ؛ الحقيقة اللغوية والشرعية.
مثال ذلك: الدابة، فإن حقيقتها العرفية ذات الأربع من الحيوان، فتحمل عليه في كلام أهل العرف.

3) Hakikat ‘Urfiyah ialah; Kata yang dipergunakan untuk sesuatu yang sesuai dengan penempatannya menurut adat kebiasaan.
§  Maka dikecualikan dari perkataan kami; “Menurut syara’”, yaitu; Hakikat Lughawiyah dan Hakikat Syar’iyah.
ð  Contoh Hakikat ‘Urfiyah seperti; “Dabbah”. Sesungguhnya hakikat dabbah menurut ‘urf (adat kebiasaan) adalah; Binatang berkaki empat, maka acuannya dikembalikan pada perkataan ahli ‘urf.

وفائدة معرفة تقسيم الحقيقة إلى ثلاثة أقسام: أن نحمل كل لفظ على معناه الحقيقي في موضع استعماله، فيحمل في استعمال أهل اللغة على الحقيقة اللغوية، وفي استعمال الشرع على الحقيقة الشرعية، وفي استعمال أهل العرف على الحقيقة العرفية.

Adapun faidah mengetahui pembagian Hakikat menjadi tiga bagian ialah; Agar kita dapat mengembalikan tiap-tiap lafadz pada ma’na hakiki sesuai dengan penempatan dan penggunaannya. Maka dalm penggunaan ahli bahasa dikembalikan pada hakikat Lughawiyah, dalam penggunaan syar’i dikembalikan pada hakikat Syar’iyah, dan dalam penggunaan ahli ‘urf dikembalikan pada hakikat ‘Urfiyah.

٢- والمجاز هو: اللفظ المستعمل في غير ما وضع له، مثل: أسد للرجل الشجاع.
فخرج بقولنا: "المستعمل" ؛ المهمل، فلا يسمى حقيقة ولا مجازاً.
وخرج بقولنا: "في غير ما وضع له" ؛ الحقيقة.

1.  Majaz yaitu; Kata yang dipergunakan untuk selain sesuatu yang sesuai dengan penempatannya. Seperti; “أَسَدٌ” (singa) dipergunakan untuk laki-laki yang pemberani.
§  Maka dikecualikan dari perkataan kami; “Kata yang dipergunakan”, yaitu; Kata yang tidak dipergunakan. Ia tidak dinamakan Hakikat dan Majaz.
§ Dan dikecualikan dari perkataan kami; “untuk selain sesuatu yang sesuai dengan penempatannya”, yaitu; Hakikat.

ولا يجوز حمل اللفظ على مجازه إلا بدليل صحيح يمنع من إرادة الحقيقة، وهو ما يسمى في علم البيان بالقرينة.
ويشترط لصحة استعمال اللفظ في مجازه: وجود ارتباط بين المعنى الحقيقي والمجازي، ليصح التعبير به عنه، وهو ما يسمى في علم البيان بالعلاقة، والعلاقة إما أن تكون المشابهة أو غيرها.
فإن كانت المشابهة سمي التجوز "استعارة" ؛ كالتجوز بلفظ أسد عن الرجل الشجاع.
وإن كانت غير المشابهة سمي التجوز "مجازاً مرسلاً" إن كان التجوز في الكلمات، و "مجازاً عقليًّا" إن كان التجوز في الإسناد.
مثال ذلك في المجاز المرسل: أن تقول: رَعَيْنَا الْمَطَرَ، فكلمة "المَطَر" مجاز عن الْعُشْب، فالتجوز بالكلمة.
ومثال ذلك في المجاز العقلي: أن تقول: أنبت المطر العشب فالكلمات كلها يراد بها حقيقة معناها، لكن إسناد الإنبات إلى المطر مجاز؛ لأن المنبت حقيقة هو الله تعالى فالتجوز في الإسناد.

Tidak boleh mengembalikan acuan suatu lafadz pada ma’na majaznya kecuali denga dalil yang shahih yang menghalangi dari maksud ma’na yang hakiki, dan hal itu dalam ilmu bayan dinamakan; Qarinah (sesuatu yang menunjukkan maksud perkataan).

Untuk keafsahan penggunaan suatu lafadz kedalam ma’na majaznya disyaratkan; Adanya ikatan antara ma’na hakiki dan ma’na majazi, agar pengungkapan tentangnya menjadi sah. Dalam ilmu bayan hal itu dinamakan; ‘Alaqah (ikatan). Dan ‘Alaqah bisa berupa persamaan atau yang lainnya.
Kemudian apabila berupa persamaan, maka majaz tersebut dinamakan “Isti’arah” (kata pinjaman) seperti berbicara dalam bentuk majaz dengan menggunakan lafadz “أَسَدٌ” (singa); kata pinjaman untuk laki-laki yang pemberani.
Dan apabila berupa selain persamaan, maka dinamakan “Majaz Mursal” jika berbicara majaz dalam hal kata, dan dinamakan “Majaz ‘Aqliy” jika berbicara majaz dalam hal penyandaran kata.

ðContoh Majaz Mursal seperti apabila kamu berkata; “رَعَيْنَا الْمَطَرَ” (kami memelihara hujan), maka kata; “المَطَر” (hujan) adalah majaz dari kata; “الْعُشْب” (rumput). Maka kamu berkata majaz dalam hal kata.
ðContoh Majaz ‘Aqliy seperti apabila kamu berkata; “أنبت المطر العشب” (hujan itu menumbuhkan rumput), maka yang dimaksud dengan kata-kata tersebut adalah hakikat ma’nanya, akan tetapi penyandaran kata; “أنبت” (menumbuhkan) pada kata; “المطر” (hujan) adalah majaz, karena pada hakikatnya yang menumbuhkan adalah Allah Ta’ala. Maka kamu berkata majaz dalam hal penyandaran kata.

ومن المجاز المرسل: التجوز بالزيادة، والتجوز بالحذف.
مثلوا للمجاز بالزيادة بقوله تعالى: {لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ} [الشورى: ١١] فقالوا: إن الكاف زائدة لتأكيد نفي المثل عن الله تعالى.
ومثال المجاز بالحذف: قوله تعالى: {وسئل القرية} [يوسف: ٨٢] أي: واسأل أهل القرية؛ فحذفت "أهل" مجازاً.
وللمجاز أنواع كثيرة مذكورة في علم البيان. وإنما ذكر طرف من الحقيقة والمجاز في أصول الفقه؛ لأن دلالة الألفاظ إما حقيقة وإما مجاز، فاحتيج إلى معرفة كل منهما وحكمه. والله أعلم.

Termasuk Majaz Mursal yaitu; Berbicara majaz dengan menambah dan membuang kata.

ðPara ‘ulama’memberikan contoh untuk kalam majaz dengan menambah kata berupa firman Allah Ta’ala; “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia”.(Qs. Asy Syura; 11). Dan mereka berkata; Sesungguhnya huruf “كـ” (kaf) adalah tambahan, karena untuk mengukuhkan tidak adanya sesuatu yang serupa dengan Allah Ta’ala.
ðContoh kalam majaz dengan membuang kata seperti firman Allah Ta’ala; “Bertanyalah kepada negeri”.(Qs. Yusuf; 82), maksudnya; “Bertanyalah kepada penduduk negeri”. Kata; “أهْل” (penduduk) dibuang karena majaz.

Macam-macam majaz sangat banyak, dan semuanya disebutkan dalam ilmu bayan. Dalam ushul fiqih hanya menyebutkan sebagian kecil berupa hakikat dan majaz, karena pengertian suatu kata adakalanya berupa hakikat dan adakalanya berupa majaz, maka mengetahui masing-masing dari keduanya dan hukumnya sangat dibutuhkan. Wallahu A’lam.


تنبيه

تقسيم الكلام إلى حقيقة ومجاز هو المشهور عند أكثر المتأخرين في القرآن وغيره، وقال بعض أهل العلم: لا مجاز في القرآن، وقال اخرون: لا مجاز في القرآن ولا في غيره، وبه قال أبو إسحاق الإسفراييني ومن المتأخرين العلامة الشيخ محمد الأمين الشنقيطي، وقد بين شيخ الإسلام ابن تيمية وتلميذه ابن القيم أنه اصطلاح حادث بعد انقصاء القرون الثلاثة المفضلة، ونصره بأدلة قوية كثيرة تبين لمن اطلع عليها أن هذا القول هو الصواب .

PERINGATAN;
Pembagian kalam menjadi hakikat dan majaz adalah masyhur di kalangan sebagian besar ‘ulama’muta’akhkhirin dalam al-Qur’an dan lainnya. Sebagian ahli ilmu berakata; Tidak ada majaz dalam al-Qur’an, (ini adalah pernyataan ibn Khuwaizin Mandah dari kalangan madzhab Maliki, dan ibn al-Qash dari kalangan madzhab Syafi’i). dan yang lainnya berkata; Tidak ada majaz dalam al-Qur’an dan lainnya, dan ini merupakan pernyataan Abu Ishaq al-Asfirayini (dan Abu ‘Aliy al-Farisiy dari kalangan ‘ulama’ mutaqaddimin), dan dari kalangan ‘ulama’ muta’akhkhirin adalah al-Allamah asy-Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syanqiti. Syaikhul Islam ibn Taimiyah dan muridnya yaitu ibn al-Qayyim; mereka menjelaskan bahwa (pembagian) ini merupakan istilah yang baru muncul setelah berakhirnya tiga generasi utama, dan beliau mendukung pernyataan ini dengan dalil-dalil yang kuat dan banyak yang menjelaskan kepada orang yang menelitinya bahwa pernyataan ini adalah benar.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.