Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

DEFINISI USHUL FIQH


DASAR-DASAR ILMU USHUL;
DEFINISI USHUL FIQH



الأُصُول مِن عِلْمِ الْأًصُول

تأليف:
محمد بن صالح العثيمين

Penyusun;
Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin

Penerjemah;
Syamsul Arifin


مقدمة المؤلف
الحمد لله نحمده، ونستعينه، ونستغفره، ونتوب إليه، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا، ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله، صلى الله عليه، وعلى آله وأصحابه، ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين وسلم تسليماً.
أما بعد: فهذه رسالة مختصرة في أصول الفقه كتبناها على وفق المنهج المقرر للسنة الثالثة الثانوية في المعاهد العلمية، وسميتها:
"الأصول من علم الأصول"
أسأل اللهَ أن يجعل عملنا خالصاً لله نافعاً لعباد الله، إنه قريب مجيب.

Kata Pengantar Penyusun
Segala puji bagi Allah, kami memuji kepada-Nya, mohon pertolongan kepada-Nya, mohon ampun kepada-Nya, bertaubat kepada-Nya, dan kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kami dan dari keburukan amal-amal kami. Barangsiapa yang Allah memberi petunjuk kepadanya, maka tidak akan ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak akan ada yang dapat memberi petunjuk kepadanya. Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan kecuali hanya Allah Yang Maha Esa Yang tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Semoga Allah mencurahkan berkah, rahmat dan salam atasnya, keluarganya, para shahabatnya dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kiamat. Amma ba’du; Ini adalah catatan singkat tentang Ushul Fiqih yang kami tulis sesuai kurikulum yang ditetapkan untuk tahun ke tiga tingkat menengah di beberapa lembaga ilmu pengetahuan, dan aku memberinya nama;

"الأصول من علم الأصول"
“Al Ushul Min Ilmil Ushul”
(Dasar-Dasar Ilmu Ushul)

Aku memohon kepada Allah semoga menjadikan amal kami murni karena Allah dan bermanfa’at bagi hamba-hamba Allah. Sesungguhnya Dia sangat dekat (rahmat-Nya) dan memperkenankan (do’a hamba-Nya).



أصُول الفِقْه
USHUL FIQH
تعريفه:
Definisi Ushul Fiqih;

أصول الفقه يعرّف باعتبارين:
الأول: باعتبار مفردَيهِ؛ أي: باعتبار كلمة أصول، وكلمة فقه.
فالأصول: جمع أصل، وهو ما يبنى عليه غيره، ومن ذلك أصل الجدار وهو أساسه، وأصل الشجرة الذي يتفرع منه أغصانها قال الله تعالى: {أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ} [ابراهيم:24] .
والفقه لغة: الفهم، ومنه قوله تعالى: {وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي} [طه:27]
واصطلاحاً: معرفة الأحكام الشرعية العملية بأدلتها التفصيلية.

Ushul Fiqih didenifisikan dengan dua tinjauan;
Pertama;Ditinjau dari kedua kosa kata-nya, yaitu ditinjau dari kata “Ushul” dan kata “Fiqih”.

Ushul adalah bentuk jamak dari kata “al-Ashlu”, yaitu sesuatu yang di atasnya di bangun sesuatu yang lainnya, dan termasuk diantara ma’nanya ialah; Dasar dinding, yaitu pondasinya, dan; Pangkal pohon, yang dirinya dahan-dahannya bercabang. Allah Ta’ala berfirman; “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit”. (Qs. Ibrahim; 24).

Dan Fiqih menurut bahasa berarti; Pemahaman, dan termasuk diantara ma’nanya ialah firman Allah Ta’ala; “dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku”. (Qs. Thaha; 27).
Sedangkan Fiqih menurut istilah (syara’) berarti; Mengetahui hukum-hukum syar'i yang bersifat pengamalan dengan dalil-dalilnya yang terperinci.

فالمراد بقولنا: "معرفة" ؛ العلم والظن؛ لأن إدراك الأحكام الفقهية قد يكون يقينيًّا، وقد يكون ظنيًّا، كما في كثير من مسائل الفقه.
والمراد بقولنا: "الأحكام الشرعية" ؛ الأحكام المتلقاة من الشرع؛ كالوجوب والتحريم، فخرج به الأحكام العقلية؛ كمعرفة أن الكل أكبر من الجزء والأحكام العادية؛ كمعرفة نزول الطل في الليلة الشاتية إذا كان الجو صحواً.
والمراد بقولنا: "العملية" ؛ ما لا يتعلق بالاعتقاد؛ كالصلاة والزكاة، فخرج به ما يتعلق بالاعتقاد؛ كتوحيد الله ومعرفة أسمائه وصفاته، فلا يسمّى ذلك فقهاً في الاصطلاح.
والمراد بقولنا: "بأدلتها التفصيلية" ؛ أدلة الفقه المقرونة بمسائل الفقه التفصيلية؛ فخرج به أصول الفقه؛ لأن البحث فيه إنما يكون في أدلة الفقه الإجمالية.

Ø Adapun yang dimaksud dengan perkataan kami; “Mengetahui” yaitu; Pengetahuan dan dugaan, karena untuk mencapai pengetahuan tentang hukum-hukum fiqih terkadang bersifat keyakinan dan terkadang bersifat dugaan sebagaimana yang banyak terjadi dalam masalah-masalah fiqih.

Ø Yang dimaksud dengan perkataan kami; “hukum-hukum syar'i” yaitu; Hukum-hukum yang diambil dari syara’ seperti hukum wajib dan haram. Maka dikecualikan darinya yaitu hukum-hukum akal seperti pengetahuan bahwa keseluruhan adalah lebih besar daripada sebagian, dan hukum-hukum kebiasaan seperti pengetahuan tentang turunnya embun di waktu malam pada musim dingin jika cuaca sedang cerah.

Ø Yang dimaksud dengan perkataan kami; “yang bersifat pengamalan” yaitu; Sesuatu yang tidak berhubungan dengan keyakinan seperti shalat dan zakat. Maka dikecualikan darinya yaitu sesuatu yang berhubungan dengan keyakinan seperti mengesakan Allah, mengetahui nama-nama-Nya dan mengetahui shifat-shifat-Nya, karena itu hal tersebut tidak dinamakan fiqih menurut istilah (syara’).

Ø Dan yang dimaksud dengan perkataan kami; “dengan dalil-dalilnya yang terperinci” yaitu; Dalil-dalil fiqih yang berkaitan dengan masalah-masalah fiqih yang terperinci. Maka dikecualikan darinya yaitu ilmu ushul fiqih, karena pembahasan yang terdapat dalam ilmu ushul fiqih hanya mengenai dalil-dalil fiqih yang bersifat umum.

الثاني: باعتبار كونه؛ لقباً لهذا الفن المعين، فيعرف بأنه: علم يبحث عن أدلة الفقه الإجمالية وكيفية الاستفادة منها وحال المستفيد.

Kedua;Ditinjau dari keberadaannya sebagai julukan bagi disiplin ilmu tertentu, karena itu Ushul Fiqih didenifisikan bahwa ia adalah; Ilmu yang membahas tentang dalil-dalil fiqih secara umum, tentang cara mengambil faidah darinya dan tentang keadaan orang yang mengambil faidah.

فالمراد بقولنا: "الإجمالية" ؛ القواعد العامة مثل قولهم: الأمر للوجوب والنهي للتحريم والصحة تقتضي النفوذ، فخرج به الأدلة التفصيلية فلا تذكر في أصول الفقه إلا على سبيل التمثيل للقاعدة.
والمراد بقولنا: "وكيفية الاستفادة منها" ؛ معرفة كيف يستفيد الأحكام من أدلتها بدراسة أحكام الألفاظ ودلالاتها من عموم وخصوص وإطلاق وتقييد وناسخ ومنسوخ وغير ذلك، فإنَّه بإدراكه يستفيد من أدلة الفقه أحكامها.
والمراد بقولنا: "وحال المستفيد" ؛ معرفة حال المستفيد وهو المجتهد، سمي مستفيداً؛ لأنه يستفيد بنفسه الأحكام من أدلتها لبلوغه مرتبة الاجتهاد، فمعرفة المجتهد وشروط الاجتهاد وحكمه ونحو ذلك يبحث في أصول الفقه.

v Adapun yang dimaksud dengan perkataan kami; “secara umum” yaitu seperti perkataan ‘ulama’; Perintah itu menunjukkan hukum wajib, larangan itu menunjukkan hukum haram, dan sah itu menunjukkan berlaku(nya suatu amal). Maka dikecualikan darinya yaitu dalil-dalil yang terperinci, karena dalil-dalil yang terperinci tidak di sebutkan dalam ilmu ushul fiqih kecuali sebagai contoh untuk menguraikan suatu kaidah.

vYang dimaksud dengan perkataan kami; “tentang cara mengambil faidah darinya” yaitu mengetahui bagaimana cara mengambil faidah hukum dari dalil-dalilnya dengan mempelajari hukum-hukum lafadz dan petunjuknya yang berupa umum, khusus, muthlaq, muqoyyad, nasikh, mansukh, dan lain-lainnya. Karena sesungguhnya dengan menguasai (cara)nya seseorang dapat mengambil faidah beberapa hukum dari dalil-dalil fiqih.

vDan yang dimaksud dengan perkataan kami; “tentang keadaan orang yang mengambil faidah” maksudnya mengetahui tentang keadaan Mustafid (orang yang mengambil faidah) yaitu Mujtahid.

Dinamakan Mustafid (orang yang mengambil faidah) karena dengan dirinya sendiri ia dapat mengambil faidah hukum dari dalil-dalilnya karena ia telah mencapai derajat ijtihad. Maka untuk mengetahui mujtahid, syarat-syarat ijtihad, hukum ijtihad dan semisalnya dibahas dalam ilmu Ushul Fiqih.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.