Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

KALIGRAFI BERBENTUK

KESIMPULAN TEAM DHF
KALIGRAFI BERBENTUK
_________________
*PERTANYAAN*
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan  masing2 baik dalam segi fisik maupun dalam masalah keterampilan. sebut saja pak soleh yang mempunyai bakat dalam membuat lafad al qur’an dalam bentuk kaligrafi, hingga dia mampu menulis lafad tersebut seolah berbentuk seperti orang duduk tasyahud dan ada juga yang berbentuk seperti burung atau pohon

a. Bagaimana hukumnya menulis kaligrafi yang berbentuk seperti dalam deskripsi ?
b. Dan bagaimana hukum membuatnya , mengingat akan menimbulkan  si pembaca keliru atau salah dalam membacanya ?
Monggo

*JAWABAN*
وعليكم السلام ورحمةالله وبركاته

👉Boleh apabila hiasan ayat Al qur'an tersebut tetap mempertahankan pada Rasm Ustmani.
Akan tetapi apabila tulisan tersebut menyimpang dari kaidah diatas, menurut qoul mu'tamad imam malik dan Ahmad tidak boleh.

*Khilaf jika tidak brbntuk patung*

Imam Abdurrahman al Jaziri di dalam kitabnya (al Fiqh ‘Ala Madzahib al Arba’ah) mengutip pernyataan ilmuan dari kalangan madzhab Syafi’i yang menyatakan bahwa boleh menggambar atau melukis selain hewan seperti pepohonan, perahu, matahari dan rembulan. Sedang menggambar hewan, baik yang berakal atau tidak adalah tidak diperbolehkan.

Imam Abdurrahman bin al Kamal; Jalaluddin al Suyuthi di dalam kitabnya (al Itqan) mengutip pernyataan Imam al Baihaqi di dalam kitab “Syu’abu al Imam” yang menyatakan bahwa barang siapa menulis mushaf, maka seyogyanya ia menjaga ejaan yang telah dituliskan oleh para ilmuan terdahulu di dalam mushaf tersebut, tidak boleh menyalahinya, dan tidak boleh merubah, karena mereka lebih unggul di dalam keilmuan, lebih tulus dalam hati dan lisan, dan lebih amanah dari kita.

Dalam kesempatan lain, beliau juga menjelaskan bahwa disunahkan dalam menulis mushaf untuk memperbagus dan memperjelas penulisan dan baris yang tidak sulit.

*JIKA BERBENTUK PATUNG/HEWAN*
Adapun hiasan ayat Al qur'an mengambil bntuk burung/hewan lainnya, hukumnya sama seperti menggambar hewan, haram secara ijma'
Begitu pula haran
Bila berbentuk patung.

📚*REFERENSI*

📓الفقه على المذاهب الأربعة - (ج 2 / ص 40)
الشافعية - قالوا : يجوز تصوير غير الحيوان كالأشجار والسفن والشمس والقمر أما الحيوان فإنه لا يحل تصويره سواء كان عاقلا أو غير عاقل .

📓 الإتقان في علوم القرآن - (ج 2 / ص 443)
وقال البيهقي في شعب الإيمان من كتب مصحفا فينبغي أن يحافظ على الهجاء الذي كتبوا به هذه المصاحف ولا يخالفهم فيه ولا يغير مما كتبوه شيئا فإنهم كانوا أكثر علما وأصدق قلبا ولسانا وأعظم أمانة منا فلا ينبغي أن يظن بأنفسنا استدراكا عليهم .

📓 الإتقان في علوم القرآن - (ج 2 / ص 453)
يستحب كتابة المصحف وتحسين كتابته وتبيينها وإيضاحها وتحقيق الخط دون مشقة وتعليقه فيكره وكذا كتابته في الشيء الصغير

📓اعانة الطالبين. ١/٦٨
اماكتابة القرآن بالحروف العربية ولكن لم تكتب بالرسم العثمانى ففيهاثلاثة اقوال والمعتمد عندالإمام ملك والإمام احمد انهاغيرجائرة.



ما حكْم كتابه آيات من القرآن الكريم على صورة طائر أو غيره ؟ لا يجوز كتابة آية أو آيات من القرآن الكريم على صورة بعض الطيور أو غيرها، لما في ذلك من العبث والاستخفاف بكلام الله سبحانه وتعالى والاستهانة به . ( مجمع الفقه الإسلامي، برابطة العالم الإسلامي, في دورته الثانية عشرة المنعقدة بمكة المكرمة، في الفترة من يوم السبت 15 رجب 1410 هـ الموافق10 فبراير 1990 إلى يوم السبت 22 رجب 1410 هـ الموافق 17 فبراير 1990 م ـ القرار الأول

والله اعلم
Diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.