Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Rumus singkatan para ulama' madzhab syafi'i


Sebagaimana ulama mazhab lain, ulama Asy-Syafi’iyah juga membuat rumusan (singkatan nama ulama) yang ditujukan kepada ulama mazhab legendaris. Hal ini dilakukan karena rasa kagum terhadap karangan ulama tersebut. Sebagian dari rumus tersebut adalah:
1. Maksud dari (م- ر ) singkatan ini digunakan untuk mengisyarahkan kepada Syaikh Muhammad bin Ahmad bin Hamzah Ar-Ramli, pengarang kitab Nihayatul Minhaj beliau juga digelar dengan Asy-Syafi’i shaghir (Syafi’i kecil). Beliau lahir di Ramlah salah satu desa di Mesir. Wafat pada tahun 1004 H.
2. Maksud dari ( الشها ب م- ر ) singkatan ini mengisyarahkan kepada Syaikh Ahmad bin Hamzah ar-Ramli, murid dari Syaikh Zakaria al-Anshari dan ayahanda dari Muhammad ar-Ramli pengarang kitab Nihayatul Muhtaj. Wafat tahun 971 H.
3. Maksud dari ( خ – ط ) singkatan ini mengisyarahkan kepada Syaikh Muhammad bin Ahmad asy-Syarbaini yang dikenal dengan al-Khatib asy-Syarbaini, beliau adalah pengarang kitab Mughnil Muhtaj. Wafat pada tahun 977 H.
4. Maksud dari ( حج ) singkatan ini mengisyarahkan kepada al-‘Allamah asy-Shihab Ahmad bin Muhammad bin Hajar al-Haitami. Al-Haitami dinisbahkan kepada satu perkampungan di daerah al-Gharbiyah Mesir. Beliau adalah pengarang kitab yang spektakuler bernama Tuhfatul Muhtaj. Ibnul Qasim al-‘Ubadi adalah orang yang pertama sekali menggunakan singkatan ini kepada Ibnu Hajar al-Haitami dan dia juga menggunakan rumus lain yang juga ditujukan kepada Ibnu Hajar al-Haitami yaitu ح dan حر. Ibnu Hajar al-Haitami wafat pada tahun 974 H.
5. Maksud dari ( زي ) singkatan dari Syaikh Ali bin Yahya az-Zayadi, Imam Ramli dan Ibnu Hajar al-Haitami termasuk guru beliau. Wafat pada tahun 1024 H.
6. Maksud dari ( سم ) singkatan ini digunakan untuk Syaikh Ahmad bin Qasim al-Ubadi, adapun pengarang kitab fathul qarib adalah Syaikh Muhammad bin Qasim Al-Ghaz, murid dari muhaqqiq Al-Jalaluddin Al-Mahalli. Syaikh Ahmad bin Qasim al-Ubadi wafat pada tahun 994 H.
7. Maksud dari ( طب ) singkatan ini diisyarahkan untuk Syaikh Manshur Al-Thablawi, beliau lahir dan wafat di Kairo, beliau memiliki karangan yang sangat banyak sekali, wafar pada tahun 1014 H.
8. Maksud dari ( ح – ل ) isyarah kepada Syaikh Ali bin Ibrahim Al-Halabi pengarang kitab As-Siratul Halabiyah. Wafat pada tahun 1044 H.
9. Maksud dari ( س- ل ) singkatan ini ditujukan kepada Syaikh Sulthan bin Ahmad Al-Mazahiy, termasuk karangan beliau adalah kitab hasyiyah ala syarh Al-Manhaj li Al-Qadhi Zakaria, Syaikh Sulthan wafat pada tahun 1075 H.
10. Maksud dari ( ع – ش ) singkatan ini kepunyaan Syaikh Ali bin Ali Asy-Syibramalasy, beliau mengarang banyak kitab diantaranya adalah kitab hasyiyah ala an-Nihayah Al-Muhtaj li ar-Ramli. Ali bin Ali Asy-Syibramalasy wafat pada tahun 1087 H.
11. Maksud dari ( ب – ر ) singakatan ini ditujukan kepada Syaikh Muhammad bin Abdudda’im Al-Barmawi, beliau memiliki banyak karangan diantaranya adalah syarh Al-Bukhari dan Nadhmul Alfiyah fi ushul Al-Fiqh. Wafat pada tahun 831 H. Namun singakatan ini oleh Ibnu Qasim Al-Ubadi mengisyarakkannya kepada Syaikh Ahmad Al-Barlasiy yang berlaqab ‘Amirah yang wafat pada tahun 956H.
12. Maksud dari ( ع – ن ) adalah Syaikh Muhammad bin Daud Al-Inani yang memiliki beberapa karangan diantaranya adalah ad-Duraru al-Faridah. Wafat pada tahun 1098 H.
13. Maksud dari ( أ – ط ) diisyarahkan dengannya kepada Syaikh Al-Athfaihiy.
14. Maksud dari ( ج)  adalah Syaikh ‘Alawi bin Tsaqqaf Al-Jufri yang wafat pada tahun 1335 H.
15. Maksud dari ( ى)  adalah Syaikh Abdullah bin Umar bin Yahya.
16. Maksud dari ( ك )  adalah Syaikh Muhammad bin Sulaiman Al-Kurdi yang wafat pada tahun 1194 H.
17. Maksud dari ( ح – ض ) adalah Syaikh Hadr Asy-Syaubari. Namun Syaikh Mahfud At-Tarmasi berkata :“ ini adalah yang aku temukan pada satu redaksi akan tetapi singkatan digunakan kepada Syaikh Hadr Asy-Syaubari tidaklah masyhur. Karen sesungguhnya singkatan ini ditujukan kepada Syaikh Muhammad bin Ahmad Asy-Syaubari yang merupakan guru dari Syaikh Ali Syibramalasiy.
18. Maksud dari ( م – د ) adalah Syaikh Muhammad Al-Madabaghi.
19. Maksud dar ( أ – ج ) adalah Syaikh ‘Athiyah bin ‘Athiyah Al-Ajhuri seorang faqih fadhil dari kaum Ajhur yang bermukim di daerah Al-Qulyubiyah Mesir. Beliau wafat di Kairo tahun 1190 H.
20. Maksud dari ( ح – ف ) atau ( حف ) singkatan ini diisyarahkan kepada Syaikh Muhammad bin Salim bin Ahmad Al-Hafnawi atau Al-Hafni Syamsuddin ulama faqih mazhab Asy-Syafi'I. Beliau belajar di Al-Azhar dan mengajar juga di Al-Azhar. Beliau memiliki beberapa karangan diantaranya adalah kitab as-Tsamrah al-Bahiyah fi Asma’i ash-Shahabah al-Badariyah dan Hasyiyah ala syarh al-Asymuni. Beliau wafat pada tahun 1181 H.
21. Maksud dari ( ب – ج ) adalah Syaikh Sulaiman bin Muhammad Al-Bujairimiy, ulama faqih di wilayah Mesir. Wafat tahun 221 H.
22. Maksud dari ( با – ح ) adalah Syaikh Ibrahim bin Muhammad Al-Bajuri, guru di universitas Al-Azhar. Wafat tahun 1277 H.
23. Maksud dari ( ش – ق ) adalah Syaikh Abdullah bin Hijazi Asy-Syarqawi yang wafat pada tahun 1227 H.
24. Maksud dari( حميد )atau ( عبد ) adalah Abdul Hamid ad-Daghastaniy.
25. Maksud dari ( ق – ل ) adalah Syaikh Ahmad bin Isa Al-Qulyubi yang wafat pada tahun 689 H.
26. Maksud dari ( ش ) adalah Syaikh Muhammad bin Abi Bakar Al-Asykhari Al-Yamani yang wafat pada tahun 989 H.
27. Maksud dari ( ب ) adalah Syaikh Abdullah bin Al-Husain, diantara peninggalannya adalah Syarh Al-Ujrumiyah. Beliau wafat pada abad ke 11 hijriah.
Sumber: al-Fathul Mubin Fi Ta’rif Mushthalahat al-Fuqaha wal Ushuliyyin

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.