Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Beramal Shalih Dan Bertaubat


Kitab Risalah al-Mudzakarah
Ma'al Ikhwan al-Muhibbin Min Ahlil Khair Wad Din 
Lil Imam al-Habib Abdullah al-Haddad



فَصْل: ( في العمل الصالح والتوبة )
Fasal Tentang; Ber’amal Shalih Dan Bertaubat

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((من سرته حسنته وساءته سيئته فهو مؤمن)).

Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam bersabda;
“Barangsiapa yang senang dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya, maka ia adalah orang mu’min”.

فإذا وفقك الله أيها المؤمن للعمل بطاعته فلْيَعْظُم فرحك ولتبالغ في شكر الذي أكرمك بخدمته واختارك لمعاملته، وأسئله أن يقبل منك بفضله ما يسره عليك من صالح العمل.

Wahai orang yang beriman, Apabila Allah Ta’ala memberi pertolongan kepadamu untuk berbuat tha’at kepada-Nya, maka hendaknya kamu memperbesar rasa bahagiamu dan melebih-lebihkan dalam bersyukur kepada Dzat yang memuliakanmu dengan dapat berkhidmat kepada-Nya, dan memohonlah kepada-Nya agar Dia menerima ‘amal perbuatanmu berkat karunia-Nya yaitu ‘amal shalih yang telah Dia mudahkan bagimu.

قال عليّ - كرّم الله وجهه -: "كونوا بقبول العمل أهمّ منكم بالعمل، فإنه لا يقلّ عمل مقبول".

Imam ‘Aly karramallahu wajhah berkata; “Jadilah kalian orang-orang yang lebih mementingkan di terimanya ‘amal daripada ‘amal itu sendiri, karena sesungguhnya ‘amal yang di terima itu tidak seberapa banyak”.

ولا تزال معترفاً بتقصيرك عن القيام بواجب حق ربك عليك ،وإن عظم في طاعته جدك وتشميرك، فإن حقه عليك عظيم. أوجدك من العدم وأسبغ عليك النعم وعاملك بالفضل والكرم، وبحوله وقوَّته أطعته، وبتوفيقه ورحمته عبدته.

Dan janganlah kamu pernah berhenti mengakui ke lalaianmu dari memenuhi hak kewajiban Tuhanmu atas dirimu, walaupun kesungguhan dan kesiap sediaanmu cukup besar di dalam mentha’ati-Nya, karena hak-Nya atas dirimu jauh lebih besar, sebab Dialah yang mewujudkanmu dari yang dulunya tidak ada menjadi ada, yang memberikan keni’matan sempurna bagimu, yang memperlakukanmu dengan penuh anugerah dan kemuliaan, dengan daya dan kekuatan-Nya lah kamu dapat mentha’ati-Nya, serta dengan taufik dan rahmat-Nya lah kamu dapat menyembah-Nya.

وإياك أن تدنس قميص إيمانك، وتسوّد وجه قلبك؛ بإتيان ما نهاك عنه مولاك.

Janganlah sekali-kali kamu mengotori pakaian keimananmu, dan menodai hatimu dengan melakukan perbuatan yang dilarang oleh Tuhanmu.

ومهما وقع منك ذنب ولو على سبيل الندور فعليك أن تبادر بالتوبة وتحسن الأوبة وتكثر الندم والاستغفار، ولا تزال خائفاً وجلاً.

Setiap kali kamu berbuat dosa walaupun jarang, hendaknya kamu segera bertaubat, memperbaiki kembali, banyak-banyak menyesal dan istighfar serta tiada henti-hentinya meresa hawatir dan takut.

فإن المؤمن لا يزال في غاية من الخوف والوجل وإن أخلص الطاعة وأحسن المعاملة. وأنت تعلم ما كانت عليه الأنبياء مع عصمتهم والأولياء مع حفظهم من الخوف والإشفاق مع صلاح أعمالهم وقلة ذنوبهم أوعدمها، فأنت بذلك أولى وأحرى.

Karena sesungguhnya orang yang beriman tida henti-hentinya berada dalam ke hawatiran dan ketakutan walaupun ia telah memurnikan ketha’atannya dan memperbaiki perilakunya. Sebagaimana yang kamu ketahui bahwa para Nabi juga memiliki rasa hawatir dan takut, padahal mereka adalah orang-orang yang terpelihara dari dosa (ma’shum), begitu pula dengan para wali, padahal mereka adalah orang-orang yang terjaga (mahfudz), amal-‘amal mereka sangat baik dan dosa mereka sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali, maka kamu pun seharusnya demikian bahkan lebih utama dan lebih pantas.

فقد كانوا أعرف منك بسعة رحمة الله وأحسن منك ظنّاً بالله وأصدق منك طمعاً في عفوه، وأعظم منك رجاءً في كرمه وفضله. فاقتد بآثارهم تنج و تسلم، واتبع سبيلهم تفز وتغنم، واعتصم بالله ومن يعتصم بالله فقد هُدي إلى صراط مستقيم.

Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang lebih mengenal luasnya rahmat Allah Ta’ala, memiliki prasangka yang lebih baik kepada-Nya, lebih tulus di dalam mengharapkan ampunan-Nya dan lebih besara harapannya terhadap kemuliaan serta karunia-Nya daripada dirimu. Maka ikutilah jejak mereka niscaya kamu akan beruntung dan selamat, teladanilah jalan hidup mereka niscaya kamu akan sukses serta memperoleh kemenangan, dan berpegang teguhlah dengan (agama) Allah, barangsiap yang berpegang teguh dengan (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah di beri petunjuk kepada jalan yang lurus.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.