Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Peringatan Seputar Lemahnya Keimanan

Kitab Risalah al-Mudzakarah
Ma'al Ikhwan al-Muhibbin Min Ahlil Khair Wad Din 
Lil Imam al-Habib Abdullah al-Haddad



فَصْل: (في التحذير من ضعف الإيمان)
Fasal Tentang; Peringatan Seputar Lemahnya Keimanan

وأما ضعف الإيمان : فهو بلية عظيمة، وخلة ذميمة تنشأ عنها أمور مذمومة: مثل ترك العمل بالعلم، وترك الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، والأماني فى المغفرة بلا سعي لها، والاهتمام بالرزق وخوف الخلق إلى غير ذلك من الأخلاق المشؤومة، وعلى قدر إيمان العبد يكون امتثاله للأمر واجتنابه للنهي.

Adapun lemahnya keimanan, ia merupakan bencana yang teramat besar, dan sifat tercela yang menimbulkan perbuatan-perbuatan yang tercela, seperti meninggalkan mengam’alkan ‘ilmu, meninggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar, mengharapkan ampunan Allah Ta’ala tanpa disertai usaha untuk memperolehnya, merasa khawatir dengan masalah rizki, dan takut terhadap manusia serta sifat-sifat tercela lainnya. Dan atas kadar keimanannyalah seorang hamba dapat mematuhi perintah dan menjauhi larangan-Nya.

وأدل دليل على ضعف إيمانه تركه للموافقات وارتكابه للمخالفات. فعلى كل مؤمن أن يسعى في تقوية إيمانه.

Bukti paling kuat yang menunjukkan atas kelemahan imannya adalah ia meninggalkan hal-hal yang diperintahkan dan melakukan perbuatan yang di larang. Maka bagi setiap mu’min hendaknya berusaha untuk memperkuat keimanannya.

والأمور التي يقوى بها الإيمان ويزيد ثلاثة:
أحدها: أن يصغي بسمعه إلى الآيات والأخبار التي فيها ذكر الوعد والوعيد وأمور الآخرة، وإلى قصص الأنبياء وما أُيِّدوا به من المعجزات، وما حلَّ بمعانديهم من المثلات، وإلى ما كان عليه السلف الصالح من الزهادة في الدنيا والرغبة في الآخرة؛ وإلى غير ذلك من الأدلة السمعية.

Adapun langkah-langkah yang dapat memperkuat dan menambah keimanan ada tiga, yaitu;
1.      Mendengarkan dengan seksama ayat-ayat dan hadits-hadits yang mengingatkan terhadap janji dan ancaman Allah Ta’ala serta perihal akhirat, kisah-kisah para Nabi dan mu’jizat-mu’jizat yang memperkuat mereka, tentang beramacam-macam contoh siksa yang terjadi pada orang-orang terdahulu sebab mereka menentangnya, dan meneladani kehidupan para salafush shalihin yang meninggalkan kemewahan duniawi (zuhud) dan cinta akhirat, serta petunjuk-petunjuk lain yang dapat di dengar dari para ‘ulama.

الثاني: أن ينظر بعين الاستبصار والاستدلال إلى ملكوت السموات والأرض وما بينهما من عجائب الآيات وبدائع المصنوعات.

2.      Memandang dengan pandangan yang arif-bijaksana dan mengambil pelajaran terhadap kerajaan langit dan bumi, terhadap keajaiban-keajaiban tanda kebesaran Allah Ta’ala serta keindahan-keindahan ciptaan-Nya yang ada di dalamnya.

الثالث: أن يواظب على العمل بالصالحات ويحترز من الوقوع في المعاصي والسيئات، فإن الإيمان قول وعمل، يزيد بالطاعة ويقلُّ بالمعصية.

3.      Tekun ber’amal dengan ‘amal-‘amal shalih dan menjaga diri agar jangan sampai terjerumus kedalam perbuatan ma’shiyat atau perbuatan buruk lainnya. Karena iman merupakan perpaduan antara ucapan dan perbuatan, dan iman bisa bertambah dengan berbuat tha’at dan bisa berkurang dengan berbuat ma’shiyat
.
وكلُّ هذه المذكورات يزيد بها الإيمان ويقوى بها الإيقان، والله المستعان.

Semua yang telah di sebutkan ini adalah untuk menambah keimanan dan memperkuat keyakinan. Hanya kepada Allah Ta’ala tempat memohon pertolongan. Dan hanya Allah sajalah tempat memohon pertolongan.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.