Download kitab pdf terlengkap AswajaPedia Klik di sini

Ridha Dan Murka Allah


Kitab Risalah al-Mudzakarah
Ma'al Ikhwan al-Muhibbin Min Ahlil Khair Wad Din 
Lil Imam al-Habib Abdullah al-Haddad

RIDHA DAN MURKA ALLAH

فصل: (في رضا الله و سخطه)
Fasal Tentang; Ridla Dan Murka Allah

وقد جعل الله بمشيئته رضاه في طاعته، وسخطه في معصيته. ووعد من أطاعه دخول جنته برحمته، وأوعد من عصاه دخول ناره بعدله وحكمته،

Dengan kehendaknya Allah Ta’ala telah menjadikan ridla-Nya berada dalam keta’atan kepada-Nya, dan menjadikan murka-Nya berada dalam perbuatan ma’shiyat kepada-Nya. Dia berjanji kepada orang-orang yang tha’at kepada-Nya dengan memasukkanya ke dalam surga berkat rahmat-Nya, dan mengancam orang-orang yang durhaka kepada-Nya dengan memasukkannya ke dalam api neraka berkat keadilan dan kebijaksanaan-Nya.

فقال تعالى: { تِلْكَ حُدُودُ اللّهِ وَمَن يُطِعِ اللّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ، وَمَن يَعْصِ اللّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَاراً خَالِداً فِيهَا وَلَهُ عَذَابٌ مُّهِينٌ }[النساء: ١٣-١٤].

Allah Ta’ala berfirman;
“(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa ta’at kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar. Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan”.(Qs. An-Nisaa’: 13-14).

وقد أمر سبحانه عباده الذين آمنوا بالمسارعة الى مغفرته وجنته. وأن يقوا أنفسهم وأهليهم ناراً بامتثال أمره وإجتناب معصيته.

Dan Allah subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan hamba-hamba-Nya yang beriman agar bersegera kepada ampunan dan surga-Nya, dan supaya mereka menjaga diri mereka dan keluarga mereka dari api neraka dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

فقال تعالى: {وَسَارِعُواْ إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ }[آل عمران: ١٣٣].

Allah Ta’ala berfirman;
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa”.(Qs. Al-‘Imran: 133).

وقال تعالى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ }[التحريم: ٦].

Allah SWT berfirman;
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintah”.(Qs. At-Tahrim: 6).

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.